Date:November 26, 2020

Kasdim 0808/Blitar Apresiasi Peran Santri untuk Bangsa dan Negara

Santri

READ.ID BLITAR – Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eustatius Paurakan mengapresiasi peran dan kontribusi para santri untuk bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Mayor Leo Eustatius saat menghadiri upacara Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020 yang digelar di halaman kantor Walikota Kota Blitar, Kamis (22/10/2020). Upacara juga dihadiri jajaran Forkopimda Kota Blitar.

Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eustatius Paurakan mengatakan bahwa, tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Momen Hari Santri Nasional juga mengingatkan perjuangan para Kyai dan para santri dalam melawan penjajah pada zaman dahulu untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh santri Indonesia atas peran dan kontribusinya kepada bangsa dan negara. Selamat hari santri,” ucap Mayor Leo Eustatius.

Dalam peringatan Hari Santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia yang saat ini tengah dilanda pandemi global Corona Virus (Covid-19).

Adanya pandemi Covid-19, Kasdim 0808/Blitar berharap kepada seluruh pihak tetap terus berikhtiar agar pandemi segera berlalu.

“Keluarga besar pesantren, santri, masyarakat Indonesia, dan warga di dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu,” pungkasnya.

(Didik/Dim0808).