Date:January 20, 2021

Kaleidoskop November 2020: Pemulihan Ekonomi di Gorontalo dengan Pinjaman PEN

Kaleidoskop November Pemprov

READ.ID – Kondisi ekonomi nasional yang diprediksi melambat membuat pemerintah pusat membuka peluang bagi daerah untuk mengajukan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bulan November 2020, pinjaman PEN untuk Pemerintah Provinsi Gorontalo resmi dicairkan senilai Rp33,4 miliar.

Mendekati pemilihan serentak, Pemprov juga telah mempersiapkan berbagai hal dengan mengikuti protokol kesehatan. Razia prokes juga masih berlangsung.

2 November 2020

Keluarnya Undang Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara berpotensi menghambat pembangunan di daerah tidak terkecuali Provinsi Gorontalo. Selain belum ada Peraturan Pemerintah sebagai regulasi turunannya, aturan tersebut belum memberikan izin untuk galian C sebagai bahan baku pembangunan infrastruktur.

Terkait dengan hal tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kantornya, Senin (2/11/2020).Gubernur Rusli didampingi Kepala PNM dan ESDM Provinsi Gorontalo Bambang Trihandoko.

4 November 2020

Mobil dinas para pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo turut dilibatkan dalam penyebaran informasi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19.

Pelibatan mobil dinas pejabat ini berupa pemasangan stiker besar di bagian belakang mobil yang bertuliskan “Ingat Selalu Pesan Ibu : 3 M : Memakai Masker, Menjaga Jarak Dan Hindari Kerumunan, Mencuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir”.

5 November 2020

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo meluncurkan aplikasi Elektronik Jaring Pengaman Sosial (e-JPS).Aplikasi untuk program penanggulangan kemiskinan tersebut diluncurkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di aula Kantor BAPPPEDA Provinsi Gorontalo, Kamis (5/11/2020).

“Aplikasi e-JPS ini memastikan keakuratan data dalam mengatasi kemiskinan yang merupakan musuh kita bersama,” ucap Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

5 November 2020

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, menyerahkan bantuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).Bantuan berupa 185 paket makanan dan multivitamin tersebut, disalurkan melalui Yayasan Dharma Bakti Ummu Syahidah, Kamis (5/11/2020).

“Jadi bantuan seperti ini sudah kami laksanakan sebanyak tiga kali, sejak sebulan yang lalu, sesuai dengan arahan dari Kementrian PPA yang dibagikan khusus untuk perempuan dan anak.Dimana di dalamnya ada nutrisi atau multivitamin dan makanan-makanan tambahan,” kata Idah dalam sambutannya.

9 November 2020

Provinsi Gorontalo menjadi daerah dengan persentase kasus covid-19 terendah di Indonesia. Data Kemenkes tanggal 5 November 2020 menyebut persentase kasus covid-19 di Gorontalo tinggal 1,2 persen.

Data itu jauh dari urutan kedua yang ditempati Jawa Timur dengan 4,03 persen. Selanjutnya ada Provinsi Kalimantan Selatan 4,43 persen, Bali 5,13 persen dan Sulawesi Selatan 6,94 persen, sebagaimana dilansir dari liputan6.com.

9 November 2020

Presiden Joko Widodo menyerahkan 1 juta sertifikat tanah untuk masyarakat yang tersebar di 31 provinsi dan 201 Kabupaten/Kota di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/11/2020).

Untuk Provinsi Gorontalo, sertipikat yang diserahkan sebanyak 3.000 bidang dengan rincian, Kota Gorontalo sebanyak 3 bidang; Kabupaten Gorontalo sebanyak 481 bidang; Kabupaten Bone Bolango sebanyak 628 bidang; Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 378 bidang; Kabupaten Boalemo sebanyak 1108 bidang; dan Kabupaten Pohuwato sebanyak 402 bidang.

9 November 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo resmi mengoperasionalkan aplikasi Sistim Informasi Administrasi Wilayah (SI-AYAH).Aplikasi ini memuat data Administrasi Wilayah di Provinsi Gorontalo.Pengoperasionalan aplikasi SI-AYAH berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 56 tahun 2020 tentang Sistim Informasi Administrasi Wilayah (SI-AYAH) di Provinsi Gorontalo.

Aplikasi ini merupakan salah satu gagasan yang dicetuskan pada proyek perubahan Kepala Bagian Pemerintahan dan Administrasi Wilayah Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Gorontalo Mukti Abdullatif Mile, yang merupakan peserta Diklat Penyetaraan RLA dengan PKN Tingkat II Pusbangkompimnas dan MASN LAN RI tahun 2020.

10 November 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memimpin apel kesiapsiagaan antisipasi bencana alam di Provinsi Gorontalo, Selasa (10/11/2020). Apel yang berlangsung di halaman Makorem 133/ NWB diikuti jajaran TNI/Polri, Basarnas, BPBD, Dinas Sosial, Dinas PU, Satpol PP, dan relawan bencana di Gorontalo.

Menurut Rusli, kesiapsiagaan menghadapi bencana tidak cukup hanya dari kesiapan personil, sarana prasarana dan materil. Lebih daripada itu, bencana bisa dicegah dengan tidak merusak lingkungan utamanya Illegal logging atau penebangan liar.

10 November 2020

Prestasi demi prestasi terus diukir oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakilnya Idris Rahim. Terbaru, penghargaan Treasury Awards 2020 untuk lima kategori dari Kementrian Keuangan RI.

Treasury Awards 2020 diserahkan oleh Plt. Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Gorontalo Iwan Handoko kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa (10/11/2020). Penghargaan diserahkan di hadapan anggota DPRD saaat rapat paripurna DPRD ke-38.

Penghargaan yang diraih yaitu terbaik I kategori laporan keuangan pemerintah, terbaik I satker dekonsentrasi dan tugas pembantuan pengelolaan keuangan untuk Dinas Pertanian, terbaik II pemerintah daerah pengelola DAK fisik serta terbaik II satker dekonsentrasi dan tugas pembantuan pengelolaan keuangan untuk Dinas PNM, ESDM dan Transmigrasi.

10 November 2020

DPRD Provinsi Gorontalo menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi APBD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2021. Persetujuan tersebut tertuang pada rapat paripurna tingkat II atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2021, diruang rapat DPRD, Selasa (10/11/2020).

“Berdasarkan hasil pembahasan dan finalisasi antara tim banggar dan TAPD, maka seluruh dokumen R-APBD Provinsi Gorontalo TA 2021 beserta seluruh lampirannya, telah disepakati dan disetujui untuk ditetapkan menjadi APBD Provinsi Gorontalo TA 2021. Untuk selanjutnya, akan dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri,” ungkap ketua Badan Anggaran Sun Biki.

13 November 2020

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero menyetujui rencana pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Provinsi Gorontalo senilai Rp33,4 miliar tahun 2020. Persetujuan ditandai dengan penandatanganan surat penawaran dari perwakilan PT SMI dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

“Pada prinsipnya surat penawaran ini menandakan telah disetujuinya pinjaman daerah untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2020 kurang lebih Rp33,4 miliar,” tutur Kepala Bapppeda Budiyanto Sidiki yang ikut mendampingi gubernur.

Tahun 2020 Pemprov Gorontalo mengusulkan Rp34,198 miliar PEN ke pemerintah pusat. Anggaran itu untuk membiayai delapan program kegiatan di bidang pariwisata senilai Rp4,1 miliar dan enam program kegiatan di bidang infrastruktur senilai Rp29,3 serta satu kegiatan bidang pertanian Rp750 juta. Usulan yang diakomodir PT SMI sebanyak Rp33,4 miliar.

16 November 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendukung gerakan perekaman KTP-el yang dicanangkan serentak oleh KPU RI, Senin (16/11/2020). Pencanangan di Gorontalo dihadiri oleh Komisioner KPU Viryan Aziz, Ketua Bawaslu RI Abhan dan Ketua DKPP RI Muhammad bertempat di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo.

“Saya mendukung gerakan nasional Perekaman KTP-el. Terlebih saat ini akan ada tiga daerah yang melaksanakan pilkada.Semoga sebelum hari H warga Gorontalo yang punya hak suara sudah terekam 100 persen,” kata Rusli.

16 November 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sukses mempertemukan Ketua DKPP Muhammad, Ketua Bawaslu RI Abhan dan Anggota KPU RI Viryan Aziz dalam satu forum.Pertemuan yang digelar di Grand Palace Convention Center, Senin (16/11/2020) sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan pilkada di tiga daerah di Provinsi Gorontalo tanggal 9 Desember 2020 nanti.

Kegiatan yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, para bupati, anggota KPU, Bawaslu provinsi dan kabupaten itu sedianya dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.Belakangan Mendagri berhalangan hadir karena ada kesibukan yang tidak dapat ditiggalkan di Jakarta.

16 November 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Badan Keuangan menyerahkan Ranperda APBD 2021 ke Kemendagri, Senin (16/11/2020). Penyerahan ranperda untuk dievaluasi Kemendagri itu menjadi yang pertama se Indonesia yang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

Pelaksana tugas (Plt) Kaban Keuangan Danial Ibrahim menjelaskan, ada sembilan dokumen yang diserahkan ke Kemendagri. Diantaranya persetujuan bersama antara pemerintah dan DPRD terhadap Ranperda APBD 2021, KUA 2021 yang telah disepakati DPRD, PPAS APBD 2021 serta risalah sidang jalannya pembahasan Ranperda APBD 2021.

18 November 2020

Tingkat inflasi di Provinsi Gorontalo sangat dipengaruhi oleh kelompok bahan pangan atau volatile food.Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, cabai rawit menjadi salah satu komoditi bahan pangan yang memberi andil besar terhadap tingkat inflasi di Provinsi Gorontalo.

Guna mengendalikan tingkat inflasi bahan pangan khususnya cabai rawit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo dan seluruh instansi terkait telah melaksanakan sejumlah program. Di antaranya mengembangkan dan memproduksi benih cabai rawit lokal Malita, pembangunan green house cabai rawit dengan laboratorium pembiakan MA-11, serta program Gerakan Tanam Cabai.

19 November 2020

Aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan Satpol PP di Provinsi Gorontalo berhasil mengamankan 1.432 orang pelanggar protokol kesehatan.Jumlah itu terjaring dari 51 operasi di ratusan titik sejak tanggal 4 September hingga 19 November 2020.

Kasatpol PP Provinsi Gorontalo Sudarman Samad menjelaskan, operasi patuh protokol kesehatan merupakan tindaklanjut dari berbagai regulasi mulai dari Inpres No. 6 Tahun 2020 hingga Perda No. 4 Tahun 2020.

19 November 2020

Pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah bisa dicairkan mulai Kamis, (19/11/2020).Hal itu berbarengan dengan ditandatanganinya Surat Perjanjian Pinjaman antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) Persero Edwin Syahruzad di Jakarta.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki menjelaskan, pinjaman program PEN Gorontalo tahun 2020 sejumlah Rp33,4 miliar. Angka itu bisa saja lebih rendah disesuaikan dengan realisasi pekerjaan fisik di lapangan.

19 November 2020

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Carnavian mengeluarkan instruksi no. 6 Tahun 2020 kepada para Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Indonesia. Poin utama instruksi Mendagri tersebut meminta kepala daerah untuk menegakkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Di tengah ancaman pemberhentian kepala daerah yang tidak patuh terhadap undang-undang, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie justru mendapat apresiasi.Mendagri menilai Gubernur Rusli sebagai salah satu kepala daerah yang patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19

20 November 2020

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bersama Pertamina akan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan memaksimalkan penerimaan dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Hal itu terungkap pada pertemuan Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo), Fachrizal Imaduddin, dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di rumah jabatan Wagub, Jumat (20/11/2020).

Pada pertemuan itu Fachrizal menjelaskan komitmen dan upaya Pertamina dalam mendorong peningkatan PAD Provinsi Gorontalo di tengah pandemi Covid-19. Dijelaskannya, pihak Pertamina setiap bulannya melalui PBBKB menyumbangkan 7,5 persen per liter untuk bahan bakar non subsidi dan 5 persen per liter dari bahan bakar bersubsidi untuk PAD.

20 November 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo mengupayakan Balai Latihan Kerja (BLK) menjadi Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP) Kementrian Ketenagakerjaan RI.Pengalihan status dan pembangunan gedung baru diharapkan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan serta berpotensi membuka lapangan kerja baru di daerah.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Bapppeda Budiyanto Sidiki saat mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie studi komparasi pengelolaan BLK di Lembang dan Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020).Dua BLK yang dikelola Kemenaker itu memiliki spesifikasi yang berbeda.BLK Lembang lebih fokus di bidang pertanian, perikanan dan peternakan sementara di Bandung fokus di bidang otomotif.

23 November 2020

Jelang perhelatan Pilkada Serentak 9 Desember 2020, berbagai persiapan terus dimatangkan.Salah satunya menyangkut pendistribusian logistik Pilkada Serentak. Hal itu menjadi pokok bahasan pada Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 melalui video konferensi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, dan turut diikuti oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

“Distribusi logistik Pilkada Serentak menjadi salah satu penekanan pada Rakor Analisa dan Evaluasi.Oleh karena itu saya minta pihak penyelenggara untuk mempriotaskan pendistribusian logistik ke daerah rawan bencana dan sulit dijangkau.Seperti halnya untuk Kecamatan Pinogu di wilayah Kabupaten Bone Bolango, serta beberapa wilayah lainnya di Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim usai mengikuti rakor tersebut di ruang kerjanya, Senin (23/11/2020).

25 November 2020

Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 113 segera beroperasi pasal awal Desember 2020.Kapal tol laut dari Kementrian Perhubungan RI itu ditinjau kesiapan operasionalnya oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan sejumlah pimpinan OPD, Rabu (25/11/2020).

KM Sabuk Nusantara 113 melayani pelayaran dari Tilamuta hingga Makassar pulang pergi.Kapal berlayar dari Tilamuta (Gorontalo) – Boalemo (Sulteng) – Banggai (Sulteng) – Kolonedale (Sulteng) – Makassar (Sulsel). Baliknya dengan rute yang sama namun sebelum bersandar di Tilamuta mampir di Pelabuhan Bumbulan, Kab. Pohuwato.

25 November 2020

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2021 untuk Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Penyerahan DIPA dan TKDD yang berlangsung secara virtual diikuti oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Rabu (25/11/2020).

DIPA memuat belanja pemerintah pusat yang dialokasikan di Provinsi Gorontalo. Berdasarkan data Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, total DIPA dan TKDD tahun anggaran 2021 sebesar Rp10,5 triliun. Rinciannya, untuk DIPA sebesar Rp4,172 triliun, dana Transfer ke Daerah Rp5,857 triliun, serta Dana Desa Rp639 miliar.

26 November 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengapresiasi kinerja di lapangan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulutenggo UP3 Gorontalo. Apresiasi terkait kinerja para petugas teknis ini disampaikan Rusli dalam apel kesiapan pasokan listrik menghadapi Pilkada, Natal dan Tahun Baru 2021 di halaman rumah jabatan Gubernur, Kamis (26/11/2020).

“Saya ucapkan terima kasih untuk kalian semua yang siang malam bekerja untuk negeri,” ucap Rusli dalam sambutannya.

27 November 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendorong masyarakat agar mandiri pangan.Hal ini disampaikannya saat melakukan panen cabai di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Jumat (27/11/2020).

Panen cabai di lahan seluas tiga hektar tersebut diharapkannya dapat dicontoh oleh masyarakat.Besar harapan Rusli agar masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah sendiri untuk ditanami beragam jenis tanaman.

28 November 2020

Jumlah kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Gorontalo kembali mengalami lonjakan. Setelah beberapa pekan terakhir Gorontalo berada di zona aman, hari ini Sabtu (28/11/2020) sesuai data yang masuk ke Satuan Tugas Penanganan Covid-19, penambahan kasus Covid-19 di Provinsi Gorontalo berjumlah 16 orang.

Melihat angka tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie langsung melaksanakan rapat terbatas dengan Satgas Penanganan Covid-19 Gorontalo, guna mengambil langkah tepat dan cepat untuk menangani lonjakan kasus tersebut.

29 November 2020

Menindaklanjuti hasil rapat terbatas dengan Satgas Penanganan Covid-19 Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, menegaskan akan melakukan tindakan tegas bagi pelanggar rpotokol kesehatan (prokes).Tindakan tegas ini diambil untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Provinsi Gorontalo.

“Akan dilakukan penindakan tegas di lapangan oleh Satgas Covid. Sesuai kesepakatan dengan Forkompimda, bagi pelanggar akan ditindak di tempat melalui rapid test, dan jika reaktif akan di swab test dan masuk karantina terpusat yang disiapkan oleh Satgas Covid. Semua biaya akan ditanggung pemerintah Provinsi Gorontalo sampai yang bersangkutan dinyatakan sehat kembali,” jelas Rusli seusai rapat terbatas yang kembali dilaksanakan gubernur bersama Satgas Penanganan Covid-19 Gorontalo, minggu (29/11/2020), di kediaman pribadinya.

30 November 2020

Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Gorontalo menggelar diskusi fokus yang mengangkat tema pemulihan ekonomi dan stabilitas daerah di masa pandemi Covid-19.Kegiatan yang berlangsung di Gedung Tepi Sawah, Kota Gorontalo, Senin (30/11/2020), dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

Dalam sambutannya Wagub Idris Rahim mengatakan, pandemi Covid-19 telah berpengaruh pada melambatnya pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun daerah.Diungkapkannya, pada Triwulan I tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Gorontalo masih berada pada angka positif. Tetapi setelah Triwulan II mengalami pertumbuhan negatif 2,97 persen dan Triwulan III negatif 0,07 persen.

(Adv/RL/Read)