Date:September 19, 2020

Juventus Tersingkir di Babak 16 Besar Liga Champions

Juventus Tersingkir

READ.IDJuventus harus tersingkir pada babak 16 besar liga Champions 2019-2020 setelah dikalahkan wakil Perancis Olympique Lyon. Juventus menang 2-1 atas Lyon pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Allianz, Sabtu (08/8/2020) dini hari WIB.

Dilansir dari kompas.com, dua gol Juventus dibirong oleh Cristiano Ronaldo (43′ -p, 60). Sementara gol dari Lyon diciptakan Memphis Depay lewat titik putih pada menit ke-12. Hasil itu membuat agregat akhir menjadi 2-2, menyusul kekalahan 0-1 Juventus dari Lyon pada leg pertama. Meskipun agregat imbang, Juventus tersingkir karena Lyon unggul agesivitas gol tandang.

Juventus mencoba mengambil kendali permainan sejak awal babak pertama. Peluang pertama Si Nyonya Besar hadir beberapa detik setelah peluit kick-off dibunyikan wasit Felix Zwayer. Gonzalo Higuain melepaskan sepakan voli akurat, tetapi masih bisa diamankan kiper Lyon Anthony Lopes.

Sementara itu, Lyon terlihat lebih banyak bertahan di belakang dan menunggu saat yang tepat untuk melakukan serangan balik. Strategi lyon terbukti jitu. Counter attack yang mereka lakukan membuat lini pertahanan Juventus keteteran.

Serangan sporadis Lyon membuahkan hasil pada menit ke-11. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Houssem Aouar dilanggar Rodrigo Bentancur di kotak terlarang. Memphis Depay yang maju sebagai algojo semenit kemudian, sukses mengelabui Wojciech Szczesny dengan sepakan ala panenka. Gol Depay membuat Lyon unggul agregat 2-0 atas Juventus, menyusul kemenangan 1-0 pada leg pertama.

Juventus terus membongkar pertahanan Lyon setelah tertinggal 0-1. Pada menit ke-42, Juventus mendapat kesempatan melalui tendangan bebas Miralem Pjanic. Bola kiriman Pjanic membentur tangan Memphis Depay, yang menjadi pagar hidup dan wasit pun menunjuk titik putih. Cristiano Ronaldo, yang menjadi eksekutor, berhasil menaklukkan Anthony Lopes.

Gol Ronaldo memastikan laga Juventus vs Lyon berakhir 1-1 (agregat 1-2) pada babak pertama. Memasuki babak kedua, Juventus langsung mengurung pertahanan tim tamu. Mereka akhirnya berbalik unggul pada menit ke-60 lewat sepakan jarak jauh Ronaldo. Skor berubah menjadi 2-1 dan 2-2 secara agregat.

Juventus meningkatkan intensitas serangan. Mereka membutuhkan tambahan gol untuk mengungguli Lyon dalam agregat keseluruhan. Sebab, jika agregat 2-2 tetap bertahan hingga akhir laga, Juventus tersingkir karena Lyon unggul gol tandang.

Juventus ternyata tidak bisa mencetak gol tambahan hingga wasit meniupkan peluit panjang. Agregat pun bertahan 2-2 dan langkag Juventus terhenti pada babak 16 besar Liga Champions musim ini.

(Conten Writer)