Date:December 2, 2020

Joe Biden Kalahkan Trump pada Pemilihan Presiden AS

Presiden Amerika

READ.ID – Kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan pemilihan Amerika Serikat (AS), Sabtu (07/11/2020). Biden akan menjadi presiden AS ke-46.

Beberapa jaringan televisi utama AS melaporkan, Biden melangkah ke Gedung Putih mengalahkan Donald Trump, setelah memenangkan suara di Pennsylvania.

Dari negara bagian Pennsylvania, Biden mendapatkan 20 electoral votes dan sudah cukup untuk mengamankan suaranya.

Biden kini mengantongi 290 electoral votes atau 74.940.127 suara, melebihi minimal 270 electoral votes yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan Presiden AS. Sementara Donald Trump hanya meraih 214 electoral votes atau 70.636.694 jumlah suara.

Reuters melaporkan, para pemilih sepertinya dengan tegas menolak kepemimpinan yang kacau dari Donald Trump dan memilih janji Biden untuk memerangi pandemi virus corona dan memperbaiki ekonomi AS.

Biden yang juga mantan wakil presiden AS akan resmi memasuki Gedung Putih pada 20 Januari 2021 mendatang. Biden akan menjabat Presiden AS pada usia 78 tahun. Dia kemungkinan akan menghadapi tugas sulit memerintah di Washington yang sangat terpolarisasi.

Pada Jumat lalu, Biden mengatakan, dia berharap untuk memenangkan perlombaan tetapi menahan diri untui memberikan pidato kemenangan.

Seorang penasihat Trump mengakui, peluang Trump menipis, tetapi Trump belum siap untuk mengakui kekalahan.

Pemilu tahun 2020 merupakan salah satu yang paling penting dalam sejarah AS, sama pentingnya dengan pemilu selama Perang Saudara 1860-an dan Depresi Hebat 1930-an.

Selama berbulan-bulan, para tim di kedua belah pihak melontarkan kekhawatiran bahwa Amerika Serikat tidak dapat memberikan suara yang adil. Pada akhirnya, bagaimanapun, pemungutan suara di tempat pemungutan suara berjalan dengan gangguan terbatas karena jutaan orang mengantre dengan sabar untuk memilih.

Ribuan pemantau pemilu dari kedua partai bekerja selama empat hari untuk memastikan penghitungan suara.

Drama pemilu kemungkinan akan dimainkan selama berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan. Trump, 74 tahun, sedang menggugat pemungutan suara di pengadilan, tetapi para ahli hukum mengatakan tantangannya memiliki sedikit peluang untuk memengaruhi hasil.

Kemenangan Biden didorong oleh dukungan kuat dari berbagai kelompok termasuk wanita, Afrika-Amerika, pemilih kulit putih dengan gelar sarjana, dan penduduk kota. Dia unggul lebih dari empat juta suara di atas Trump dalam penghitungan suara populer nasional.

Biden, yang telah menghabiskan setengah abad dalam kehidupan publik sebagai senator AS dan kemudian menjadi wakil presiden di pemerintahan Barack Obama, akan mewarisi sebuah negara yang berada dalam kekacauan atas pandemi virus corona dan perlambatan ekonomi terkait serta protes yang mengganggu terhadap rasisme dan kebrutalan polisi.

Biden mengatakan, prioritas pertamanya adalah mengembangkan rencana untuk menahan dan pulih dari pandemi, berjanji untuk meningkatkan akses ke pengujian dan, tidak seperti Trump, untuk memperhatikan saran dari pejabat kesehatan masyarakat dan ilmuwan terkemuka.

(Read/Internasionalkontan)