Date:September 19, 2020

Ini Profil 3 Anggota Paskibraka yang Sukses Kibarkan Bendera di Istana

Paskibraka Istana

READ.ID – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses mengibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Senin (17/8/2020).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, total anggota Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-75 RI di Istana Negara Jakarta hanya berjumlah 8 orang. Tidak ada proses seleksi Paskibraka di semua tingkatan seperti yang selalu dilakukan pada tahun sebelumnya.

Dalam peringatan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka digelar terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan terkait pandemi COVID-19. Upacara di Istana dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Upacara peringatan kemerdekaan di Istana juga diikuti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Upacara peringatan kemerdekaan ini juga diikuti secara virtual.

Walaupun saat ini sedang dirundung pandemi Covid-19. Namun sang saka Merah Putih ini pun sukses dikibarkan ‎oleh 3 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Paskibraka

Tiga anggota Paskibraka ini tergabung dalam Tim Sabang. Mereka diantaranya adalah Indriana Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh yang bertugas pembawa baki atau Bendera Merah Putih.

Kemudian dua Paskibraka lainnya adalah‎ Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bertugas komandan kelompik sekaligus pembentang bendera, dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek Bendera Merah Putih.

Berikut profil delapan anggota Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-75 RI di Istana:

1. Indrian Puspita Rahmadhani (Pembawa baki Bendera Merah Putih)

Indrian sebelumnya merupakan anggota Paskibraka 2019 di Istana Negara. Siswi SMAN 1 Biruen, Aceh ini kembali terpilih menjadi Paskibraka 2020 di Istana.

Anak dari pasangan Roni Nurjaman dan Ely Hafni itu memang sudah dikenal sebagai salah satu Paskibraka terbaik Tanah Air. Gadis kelahirn 2003 ini sudah mewakili Aceh di tingkat nasional saat masih duduk di bangku kelas 11.

2. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Eirav Adhita (Pengerek Bendera Merah Putih)

Laki-laki yang akrab disapa Sanggra ini merupakan Siswa SMAN 1 Mendoyo Bali. Sanggra yang merupakan anggota Paskibraka 2019 di Istana Negara ini kembali terpilih menjadi anggota Paskibraka 2020.

3. Muhammad Adzan (Pembentang bendera)

Nama Muhammad Adzan kembali mengisi. anggota Paskibraka 2020 di Istana. Siswa MAN 2 Kota Bima itu merupakan Komandan Kelompok (Danpok) 17 pada Tim A (merah) upacara kemerdekaan 2019.

4. Sudrajat Prawijaya

Sudrajat Prawijaya terpilih lagi menjadi anggota Paskibraka 2020. Nama siswa asal SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu ini pernah menjadi anggota Paskibraka 2019 di Istana Negara.

5. Muhammad Arief Wijaya

Muhammad Arief Wijaya menjadi salah satu anggota Paskibraka 2019 yang kembali terpilih bertugas di Istana Negara tahun ini. Arief merupakan siswa asal SMAN 2 Kendari, Sulawesi Tenggara.

6. Muhammad Asri Maulana

Muhammad Asri Maulana kembali terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada Paskibraka 2020. Siswa SMAN 1 Kandangan Kabupaten HSS, Kalimantan Selatan ini pernah bertugas menjadi Paskibraka 2019.

7. Sylvia Kartika Putri

Sylvia Kartika Putri merupakan siswi dari SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumatera Utara. Namanya kembali terpilih menjadi Paskibraka 2020 setelah sebelumnya dia bertugas sebagai pembawa baki bendera pusaka cadangan tahun lalu.

8. Dhea Lukita Andriana

Dhea Lukita Andriana juga salah satu Paskibraka 2019 yang dipilih kembali menjadi Paskibraka 2020. Dhea merupakan siswi SMAN 1 Ngunut Tulungagung, Jawa Timur.

Sehari-hari, Dhea tinggal bersama sang kakek. Pasalnya, kedua orang tuanya, Salim Rajun dan Nursiah bekerja sebagai TKI di Taiwan dan Malaysia.