Date:October 30, 2020

In Memoriam David Bobihoe

Bobihoe David

READ.ID – Mantan Bupati Gorontalo David Bobihoe meninggal dunia di rumah sakit Aloei Saboe, Kota Gorontalo, Kamis (16/7/2020) sekitar pukul 14.20 WIta.

Almarhum meninggal diusia 65 tahun dengan keluhan demam tinggi dan sempat dirawat di ruangan ICU RS Aloei Saboe dengan kesadaran Somnolen.

Sebelum menjadi Bupati Gorontalo, David mengawali karirnya sebagai seorang birokrat pada tahun 1976 di Sulawesi Utara sebagai pegawai dengan golongan IIA. Hingga akhirnya dipercayakan menjadi staf Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara  dan pernah menjabat kepala Biro Humas Pemprov Sulut,

Setelah itu menjadi kepala bagian humas Kabupaten Gorontalo pada tahun 1978. Pada tahun 1996 pernah menjabat kepala dinas Pariwisata Kota Gorontalo, hingga akhirnya menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo di tahun 2001 sampai 2005.

Di tahun 2005, David yang dikenal sebagai sosok birokrat yang low profile, lantas mencoba peruntungan dirinya dengan mencalonkan diri sebagai Calon Bupati di Kabupaten Gorontalo. Hasilnya, dirinya terpilih menakhodai Kabupaten Gorontalo di tahun 2005.

Di awal pemerintahannya, pria kelahiran Kabupaten Gorontalo 30 Oktober 1955 ini langsung membentuk program Goverment Mobile. Saat itu pada masa pemerintahaanya, kegiatannya terus berlangsung setiap tahun dan telah menjadi agenda tahunan, serta dilakukan secara bergilir di setiap kecamatan.

Dari kegiatan itulah,  suami dari Rahmijaty Jahja itu dinobatkan sebagai Bapak Pencetus Goverment Mobile.

Menjadi Bupati rupanya tidak lantas menjadikan David lupa diri. Terbukti, sejak dirinya menjadi orang nomor satu di daerah itu, David lantas menggencarkan berbagai program yang langsung menyentuh ke masyarakat.

Bahkan, istilah ‘blusukan’ yang awalnya dipopulerkan oleh Joko Widodo semasa menjabat sebagai Walikota Surakarta, jauh sebelumnya di tahun 2006 telah dilakukan oleh David.

Terbukti, tanpa harus bekerja keras dengan tanpa berbagai pencitraan, David kembali berhasil menjadi Bupati Gorontalo di periode kedua dalam pemilihan di tahun 2010 silam.

Dalam perjalanan politiknya, David Bobihoe pernah bertarung dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gorontalo pada tahun 2011 dan pemilihan Gubernur Sulawesi Utara pada tahun 2016. Namun, langkah David tersebut gagal.

Biodata:

Nama: Hi. Drs. David Bobihoe Akib, Msc, MM

Lahir: Kabupaten Gorontalo, 30 Oktober 1955

Jabatan: Bupati Gorontalo

Istri: Ny. Hj. Rahmijaty Jahja (Anggota DPD RI perwakilan Provinsi Gorontalo)

Anak: Jhon Reverid Bobihoe dan Jheniver Rivian Bobihoe

Pendikan Formal
– Sarjana Komunikasi 1985
– Pascasarjana 2000

Riwayat Karir Jabatan

– Staf Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (1976)

– Kepala Bagian Humas Kabupaten Gorontalo (1978)

– Kepala Dinas Pariwisata Kota Gorontalo (1996)

– Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo (2001)

– Bupati Gorontalo (2005-2010) dan (2010-2015)

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/David_Bobihoe_Akib

https://beritamanado.com/mantan-calon-wagub-sulut-david-bobihoe-meninggal-dunia/

https://manado.tribunnews.com/2011/08/04/profil-calon-gubernur-gorontalo-david-bobihoe?page=2