Date:January 18, 2021

Ibu-ibu di Blitar Diharapkan Ikut Aktif Dalam Pencegahan Covid-19

Blitar Covid-19

READ.ID – Para ibu-ibu di Kota Blitar diharapkan dapat ikut aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Pjs Walikota Blitar Jumadi saat menghadiri Aksi simpati Hari Ibu di Balai Koesumo Wicitro JL. A. Yani kota Blitar, Senin (23/11/2020).

Dalam sambutannya, Jumadi berharap para ibu-ibu bisa menjadi Duta 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Momentum ini kami gunakan untuk memperkuat lagi jaringan semua elemen masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Karena status Kota Blitar masih zona oranye penyebaran Covid-19,” kata Jumadi.

Jumadi mengatakan saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bersama sejumlah elemen masyarakat dari Tim Penggerak PKK dan Kelurahan sedang mengkampanyekan gerakan wajib memakai masker.

Dia berharap para ibu bisa mengedukasi gerakan 3M dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

“Kalau itu bisa terlaksana, saya yakin masyarakat akan disiplin dalam penerapan 3 M. Saya sangat berharap partisipasi masyarakat dalam penerapan 3M, tanpa itu pemerintah tidak bisa apa-apa,” ujarnya.

Selain para ibu, kata Jumadi, Pemkot Blitar juga akan menggandeng para tukang becak di PIPP untuk menjadi Duta 3M.

Pemkot akan memberikan masker kepada pada tukang becak. Para tukang becak akan memperingatkan penumpang yang tidak memakai masker.

“Kalau penumpang tidak bawa, maka tukang becak bisa memberikan masker kepada penumpang sambil memberikan peringatan,” katanya.

Menurutnya, Pemkot Blitar juga sudah membentuk Duta 3M di tingkat pelajar. Para pelajar memberikan sosialisasi terkait 3M kepada masyarakat di tempat publik.

“Kami pilih pelajar, karena para orang tua akan malu diperingatkan anak-anak kalau tidak disiplin menerapkan 3M,” ucapnya.

Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Blitar, Sulistyani, mengatakan dinas berkolaborasi dengan PKK untuk membagikan masker kepada masyarakat.

Dinas menyiapkan 4.500 masker yang dibagikan kepada masyarakat di tiga kecamatan di Kota Blitar.

“Dengan kegiatan ini, Saya berharap tingkat kedisiplinan masyarakat memakai masker semakin tinggi dan bisa mengurangi risiko penularan Covid-19.
Kami bersama PKK membagikan masker kepada para pengguna jalan di tiga kecamatan di Kota Blitar,” pungkasnya.

Turut hadie dalam kegiatan Aksi Simpati Hari Ibu tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana (DP3AP2KB), Ketua Tim Penggerak PKK Kota Blitar dan seluruh ibu ibu PKK se-kota Blitar.

(Adv/Hms/Didik/RL/Read)