Date:October 20, 2020

HUT Polairud ke-69, Wagub Gorontalo mengajak masyarakat jaga potensi Laut

Potensi Laut

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Gorontalo. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Markas Komando (Mako) Polairud Gorontalo di Desa Bintalahe, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (04/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut Wagub Idris mengungkapkan, Indonesia adalah negara dengan banyak pulau serta memiliki potensi kelautan yang mumpuni, maka sudah menjadi keharusan untuk memelihara dan memanfaatkankan potensi tersebut.

“Kita tahu bahwa Indonesia ini adalah negara kepulauan atau sering disebut dengan archipelago. Nah, laut adalah potensi kita, maka kita harus manfaatkan potensi laut ini,” ungkap Wagub Idris saat diwawancarai awak media usai acara.

Lebih lanjut Idris juga mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan melestarikan potensi laut yang dimiliki oleh daerah, agar nantinya bisa digunakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Harapan saya kepada dirpolairud juga seluruh pihak untuk mengawal laut kita, agar potensi ini nantinya bisa dimanfaatkan, yang tentu nantinya juga akan membantu dalam mensejahterakan masyarakat kita,” imbuhnya.

Senada dengan Wagub Idris, Dirpolairud Gorontalo AKBP Heri Sulistya Budi Santosa juga mengajak seluruh pihak untuk bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga ekosistem laut dan terus berkoordinasi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di perairan Gorontalo.

“Dalam momen hari ulang tahun ini saya mengajak semua pihak untuk berkoordinasi bersama menjaga ekosistem yang kita miliki, juga tentunya masalah kamtibmas yang ada di perairan Gorontalo dan juga ketertiban masyarakat pesisir,” harap Heri.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan Brevet Bhayangkara Bahari untuk Irwasda Polda Gorontalo Kombespol M. Syamsul Huda, atas jasa dan perhatiannya terhadap kelautan dan kemajuan organisasi kepolisian perairan. Diserahkan juga alat bantu dengar bagi PHL Dirpolairud, sembako bagi warga sekitar, serta hadiah untuk pemenang lomba renang dan dayung.

Wakil Gubernur Gorontalo juga menyempatkan melihat tahanan pelaku pemboman ikan di perairan Kwandang, Gorontalo Utara, yang telah diamankan oleh Direktorat Polairud Polda Gorontalo. (Adv)