Date:November 24, 2020

HUT Ke 75 Jatim, Pjs Bupati Blitar Harap Semangat Nawa Bhakti Satya Harus Ditingkatkan

Hut Jatim

READ.ID – BLITAR – Dengan mengusung tema “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju”, ada 9 program janji kerja (Bhakti) yang dijanjikan oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya Emil Dardak. Diantaranya Bhakti, Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Diniyah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah, dan Jatim Harmoni.

Dijabarkan, bahwa Bhakti Jatim Cerdas dan Sehat adalah Pemprov Jatim berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang fokus pada sumber daya manusia dengan mengedepankan teknologi terkini, inovasi, metode yang bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Kemudian, Bhakti Jatim Akses merupakan komitmen untuk membangun infrastruktur akses meliputi transportasi, energi, lingkungan dan permukiman, telekomunikasi dan infrastruktur lain yang menunjang kegiatan ekonomi sosial.

“Pembangunan infrastruktur secara proporsional dengan mempertimbangkan SDM dan fokus pada pengurangan disparitas wilayah membawa keunggulan ekonomi,” terang Khofifah di kutip dari JNR.

Lalu, Bhakti Jatim Berkah dijabarkan sebuah komitmen bersama untuk mendorong masyarakat yang diberkahi. maknanya adalah negara hadir bersama masyarakat untuk menjalankan kehidupan beragama dengan baik.

Lebih lanjut, terkait Bhakti Jatim Agro, yakni pentingnya pembangunan pertanian tidak hanya sekedar sektor ekonomi, akan tetapi mewujudkan kedaulatan pangan. Sehingga perlu keberpihakan sektor pertanian yang tidak sekedar didasari untung dan rugi atau komersial.

Sementara, Bhakti Jatim Berdaya adalah bertumpu pada keselarasan pembangunan berkelanjutan yang mencakup seluruh masyarakat tidak ada yang tertinggal seluruh masyarakat diberikan kesempatan untuk berkarya dan mendapatkan kesejahteraan.

Dan Bhakti Jatim Amanah merupakan pilar dasar Pemprov Jatim yang berintegritas, tidak hanya bebas penyimpangan dalam kinerja dan memberikan pelayanan.

“Yang terkahir, Bhakti Jatim Harmoni yakni komitmen untuk melestarikan alam serta warisan budaya dalam pembangunan karena keharmonisan sosial selalu dapat terpelihara dengan mencintai lingkungan hidup, sportivitas, berbudaya, membangun karakter dan perlunya menjaga silaturahmi,” pungkas Gubenur.

Sementara itu, Budi Santosa, Pjs Bupati Blitar usai menggelar upacara, juga dalam rangka HUT Pemprov Jatim, kepada wartawan mengatakan, Gubernur Khofifah memberikan pujian kepada Pemkab Blitar terkait dalam mengimplementasikan Nawa Bhakti Satya.

“Ibu Gubernur melihat program ini telah berjalan baik disini. Beliau (gubernur) mengatakan bahwa salah satu daerah di Jawa Timur yang masyarakatnya paling makmur adalah Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Lalu Budi berharap, Nawa Bhakti Satya harus terus ditingkatkan. Dirinya menghimbau kepada seluruh ASN agar ikut mengawal pelaksanaan Nawa Bhakti Satya. Begitu pula masyarakat dan stakeholder terkait.

“Ke depan harus kita tingkatkan lagi, khususnya di Kabupaten Blitar,” tandasnya.

(Adv/kmf/didik)