Date:October 30, 2020

Hasil Swab Paslon Nelson-Hendra Negatif Covid-19

Paslon Covid-19

READ.ID – Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan dari laboratorium Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo, bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto dinyatakan negatif Covid-19.

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengatakan, hasil swab negatif Covid-19 bagi paslon Nelson-Hendra sudah keluar pada tanggal 27 Agustus 2020 lalu.

“Hasilnya negatif dan itu berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM Gorontalo,” ujar Roni.

Selain itu, Roni juga mengungkapkan, ada pasangan calon kepala daerah di Kabupaten Gorontalo yang terkonfirmasi Covid-19.

“Iya benar ada dua pasangan yang merupakan calon kepala daerah positif Covid-19. Pihak KPU sudah menerima langsung hasil swabnya,” ujar Roni.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo akan melakukan tracking kontak kepada tim pendukung calon yang positif Covid-19. Tidak menutup kemungkinan juga, satgas Covid-19 akan melakukan tracking kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU.

“Kita akan lakukan tracking swab ke KPU karena mereka berhadapan langsung dengan para calon,” ujarnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat ada sekitar 687 bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftar ke KPU hingga Sabtu (6/9/2020) pukul 24.00 WIB. Dari 687 bapaslon, 37 bakal calon di 21 provinsi terkonfirmasi positif COVID-19.

Sebanyak 37 bakal calon kepala daerah itu dinyatakan positif corona berdasarkan hasil swab tes yang diserahkan oleh masing-masing bakal calon ke KPU provinsi atau kota.

“Data sementara yang berhasil dihimpun hingga pukul 24.00 dari KPU provinsi, kabupaten, ataupun kota, bakal calon yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab tesnya, sebanyak 37 calon dari 21 provinsi,” kata Ketua KPU, Arief Budiman saat menggelar konpers yang ditayangkan secara langsung melalui akun Facebook KPU, Senin (7/9/2020), dini hari.

Sudah ada pernyataan resmi dari KPU RI bahwa calon yang positif COVID-19 tidak mempengaruhi lolos tidaknya bakal pasangan calon.

Sementara berdasarkan informasi dari pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Gorontalo, untuk calon kepala daerah yang positif Covid-19 di Gorontalo berjumlah 9 orang/calon yang tersebar di 3 Kabupaten yang menggelar Pilkada 2020.

9 calon positif Covid-19 ini masing masing tersebar di Kabupaten Bone Bolango 2 orang, Kabupaten Gorontalo 4 orang, Kabupaten Pohuwato 3 orang.

“Iya benar ada 9 calon kepala daerah yang terkonfirmasi Covid-19,” ujar ketua IDI Provinsi Gorontalo, Irianto Dunda kepada Read.id.

(RL/Read)