Date:September 18, 2020

Gustam Ismail: Perlu Sinergitas untuk Putuskan Penularan COVID-19

Gustam Ismail

READ.ID – Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara Gustam Ismail mengatakan seluruh pemangku kepentinan perlu saling bersinergitas atau bersatu untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Dua-duanya sangat diharapkan tidak terjadi, namun memerlukan pengalokasian anggaran khusus, mulai dari penanggulangan bersifat antisipatif maupun penanganan pascabencana,” ucapnya, Kamis (09/07).

Di sisi lain, penanganan COVID-19 juga perlu disamakan dengan penanganan bencana alam, misalnya banjir ataupun tanah longsor.

Berkaitan dengan bencana alam, dirinya mengimbau agar semua pihak senantiasa berhati-hati. Kemudian, tetap waspada dan melakukan antisipasi dini terhadap wilayah-wilayah rawan banjir dan longsor.

“Seluruh pemangku kepentingan harus waspada dan berikhtiar menghadapi cuaca ekstrem,” katanya.

Dalam segi anggaran penanggulangan bencana alam maupun non alam, dirinya mengatakan masih cukup untuk persediaannya. Asalkan, ada pengalokasian anggaran yang tepat.

Meskipun demikian, dirinya meminta alokasi anggaran untuk penanganan COVID-19 agar dapat dihitung kembali mengingat pemanfaatannya hingga saat ini baru mencapai Rp4 miliar lebih dari total Rp 10,4 miliar.

“Jika masih ada yang berproses agar dipercepat dan jika masih ada anggaran yang tidak termanfaat agar dievaluasi, dihitung ulang agar dapat dialokasikan untuk kegiatan penting lainnya dalam menunjang program pembangunan daerah ini, termasuk terhadap upaya antisipasi bencana alam dalam bentuk penguatan infrastruktur yang tergolong mendesak,” ungkapnya.

(Adv/Manto/RL/Read)