Date:November 26, 2020

Gubernur Rusli Turun Tangan Pimpin Operasi Perda Protokol Kesehatan

Perda Kesehatan

READ.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie turun tangan memimpin langsung operasi gabungan penerapan perda (perda) protokol kesehatan.

Operasi diawali dengan apel pelepasan satuan tugas di depan Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Senin (26/10/2020).

Kegiatan dilakukan sebagai pendisplinan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh elemen masyrakat, TNI-Polri, forkopimda, tokoh masyarakat, mahasiswa yang kompak bahu membahu untuk memutus penularan Covid-19 ini. Terbukti sekarang Gorontalo tertinggi tingkat kesembuhannya di Indonesia,” ucap Rusli dalam arahannya.

Satgas yang tergabung dalam operasi gabungan terdiri dari Polri 25 personil, TNI 20 personil, Satpol PP 25 personil serta Dinas Perhubungan dan BPBD masing-masing 10 personil.

Satgas kemudian dibagi dalam dua tim yang akan menyisir lokasi-lokasi yang padat pengunjung seperti cafe dan rumah makan.

Usai apel Gubernur Rusli didampingi Kapolda Gorontalo Brigjenpol Achmad Wiyagus dan Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito menuju lokasi yang ditentukan.

Titik pertama yang dikunjungi oleh Gubernur Rusli adalah My Food Court di jalan Jenderal Sudirman Kota Gorontalo.

Di lokasi itu, walapun pengunjung telah menerapkan protokol kesehatan, Gubernur tetap membagi-bagikan masker serta mengingatkan pemilik dan pengunjung tentang adanya Perda Protokol Kesehatan.

“Saya mohon maaf apabila mengganggu keyamanan teman-teman sekalian. Tidak dilarang, tapi tolong tetap jaga protokol kesehatan, apabila ditemukan masyarakat yg tidak patuh maka kami akan bertindak tegas,” jelas Rusli.

Titik selanjutnya yang dituju Gubernur Rusli adalah kompleks Murni, Kota Gorontalo.

Di tempat itu, Rusli juga melakukan hal yang sama. Bahkan, sesekali ia terlihat mendatangi pengunjung satu persatu untuk sekadar menyapa serta mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

“Sebenarnya patroli ini sudah dilaksanakan cukup lama oleh pemerintah kabupaten/kota tapi malam ini kami mengambil bagian. Ini akan berlangsung sampai selesai covid, kita akan patroli terus,” pungkasnya.

Selain dua lokasi yang didatangi langsung oleh Gubernur, ada beberapa lokasi lainnya yang menjadi titik operasi. Diantaranya, Decozy, Cafesera, Upnormal dan Hoyakopi. Ada pula Magnum Cafe, Foodpedia serta Bale-Bale.

(RL/Read)