Date:October 30, 2020

Gubernur Rusli Lantik Pjs Bupati Gorontalo dan Bone Bolango

Pjs Bupati Gorontalo

READ.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie resmi melantik dua penjabat sementara (Pjs) Bupati Gorontalo dan Bupati Bone Bolango di ruang aula rudis Gubernur, Jumat (25/9/2020).

Pelantikan oleh Gubernur Gorontalo sesuai dengan ketetapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan menunjuk Mitran Tuna sebagai Pjs Bupati Gorontalo. Jabatan Mitran Tuna saat ini adalah Sekretaris DPRD Provinsi Gorontalo.

Mitran Tuna

Pjs Bupati Gorontalo, Mitran Tuna bersama Istri

Sementara Muhammad Nadjamudin ditunjuk Mendagri sebagai Pjs Bupati Bone Bolango. Muhammad Nadjamudin saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo.

Muhammad Nadjamuddin

Pjs Bupati Bone Bolango, Muhammad Nadjamuddin bersama Istri

Pelantikan kedua Pjs itu untuk mengisi kekosongan pimpinan Daerah yakni Nelson Pomalingo dan Hamim Pou yang saat ini mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Pjs Bupati Gorontalo dan Pjs Bupati Bone Bolango akan menjalankan tugasnya mulai 26 September hingga 5 Desember 2020 mendatang.

Gubernur Gorontalo meminta kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati yang baru saja dikukuhkan untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang aman dan bebas dari covid-19.

“Pilkada tahun ini digelar di tengah pandemi covid-19. Ini merupakan tantangan bagi kita. Oleh karena itu, saya meminta kepada Pjs Bupati Gorontalo dan Pjs Bupati Bone Bolango untuk sukses pilkada dan sukses memberantas covid-19,” tegas Rusli dalam sambutannya.

Rusli menilai pilkada saat ini akan sangat berat. Di satu sisi, pemerintah dituntut untuk meningkatkan partisipasi dan antusiasme warga menyalurkan hak pilih. Di sisi lain, penanganan dan pencegahan penularan virus corona juga wajib dilakukan untuk memastikan keselamatan rakyat dan penyelenggara pemilu.

Gubernur Rusli percaya bahwa dua pejabat tinggi pratamanya itu mampu mengemban amanah yang dipercayakan kepada keduanya. Rusli menilai Mitran Tuna yang juga merupakan warga Kabgor dan M. Nadjamuddin warga Bone Bolango mampu menjalin komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah setempat.

(RL/Read)