Date:January 22, 2021

Gubernur Rusli Habibie akan Disuntik Vaksin Besok

Rusli Habibie Disuntik Vaksin

READ.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie akan disuntik vaksin pada Jumat, 15 Januari 2021 besok di RSUD dr. Hasrin Ainun Habibie, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Dirinya akan membuktikan janji untuk menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

Sebelum pelaksanaannya, Gubernur Rusli didampingi istri Idah Syahidah meninjau terlebih dahulu lokasi vaksinasi di RS Ainun, Kamis (14/1/2021).

Pada peninjauan itu, dilakukan pula simulasi penyuntikan vaksin Sinovac kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Ini semua untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal untuk kemaslahatan kita semua,” kata Gubernur Rusli usai kunjungan.

Hadir juga dalam kunjungan, Kapolda Gorontalo Irjenpol Akhmad Wiyagus dan Danrem 133/NWB Brigjen Bagus Antonov Hardito.

Vaksinasi rencananya akan dilakukan pukul 08.00 Wita oleh dr. Taufik Biya, Sp.PD dibantu oleh satu orang perawat.

Proses penyuntikan vaksin Sinovac akan disiarkan langsung secara audio visual di akun Facebook dan YouTube Humas Gorontalo Prov.

Tak hanya Gubernur Rusli Habibie yang akan disuntik vaksin besok. Sejumlah jajaran Forkopimda Gorontalo juga akan ikut divaksin.

“Insyaallah besok sesuai janji saya, saya orang pertama yang akan disuntik vaksin. Forkopimda juga Pak Kapolda, Pak Danrem dan lainnya sudah sangat siap,” tuturnya.

Rencananya akan ada 14 orang yang disuntik vaksin Covid-19. Selain Gubernur, ada nama Sekda, Kapolda Gorontalo, Danrem 133, Kajati, Kadis Kesehatan dan perwakilan tokoh pemuda serta tokoh agama.

Wakil Gubernur Idris Rahim tidak masuk dalam daftar vaksinasi karena sudah berusia di atas 60 tahun.

“Sesuai edaran yang didahulukan temani teman tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan guru guru. Selanjutnya masyarakat umum,” imbuhnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas dr. Triyanto Bialangi menyebut Gubernur Rusli sudah melalui proses screaning sebelum divaksin.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi diantaranya belum pernah terkonfirmasi positif Covid-19, tekanan darah di bawah 140/80 mmHg serta tidak memiliki komorbit.

“Akan ada empat meja yang akan dilalui oleh bapak gubernur selama proses vaksinasi. Ada meja registrasi, meja untuk check up kesehatan, meja vaksin dan terakhir untuk observasi pasca divaksin. Setelah itu diminta untuk menunggu kira-kira 30 menit untuk observasi,” terangnya.

Provinsi Gorontalo mendapat jatah 9.760 vaksin Sinovac untuk tahap pertama. Jumlah itu didistribusikan ke tiga kabupaten dan kota. Rinciannya Kota Gorontalo 4.520, Kabupaten Gorontalo 4.120, dan Bone Bolango 1.120.

(Adv/RL/Read)