Date:September 23, 2020

Fraksi Nasdem DPRD Gorut Perjuangkan Pembangunan Asrama Nakes

Pembangunan Asrama Nakes

READ.ID – Fraksi Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut) akan memperjuangkan pembangunan asrama bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Hal ini disampaikan Penasehat Fraksi Nasdem Roni Imran. Kata dia, pihaknya saat ini sementara mengupayakan agar pembangunan asrama bagi Nakes di Gorontalo Utara itu segera terwujudkan.

“Lokasi itu rencananya di kompleks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki (ZUS) di Desa Bulalo Kecamatan Kwandang,” jelasnya, Kamis (13/08).

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya bersama Balai Pelaksana Penyedia Perumahan wilayah Provinsi Gorontalo telah melakukan peninjauan ke lokasi yang nantinya akan menjadi tempat pembangunan asrama tersebut.

“Kami berharap, sinergi yang baik dengan pemerintah daerah akan mewujudkan tempat tinggal sementara yang representatif bagi para tenaga kesehatan yang aktif bertugas di rumah sakit maupun di fasilitas kesehatan terdekat atau yang ada di pusat ibu kota kabupaten,” tambahnya

Tentunya dengan adanya tempat tinggal sementara bagi tenaga kesehatan di daerah itu, kata Roni, pihaknya dalam hal ini Fraksi Nasdem akan mendorong kinerja dari para dokter maupun perawat.

“Termasuk berharap fasilitas serupa yang telah ada di Kabupaten Pohuwato, bisa terwujud di daerah ini mengingat pemenuhan sarana tempat tinggal, baik untuk dokter maupun perawat sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan Sumber Daya manusia (SDM) di bidang pelayanan kesehatan yang perlu ditingkatkan di daerah ini,” laniutnya.

Menurutnya, fasilitas rumah bagi tenaga kesehatan itu seringkali menjadi alasan klasik bagi para tenaga kesehatan yang akan bertugas di daerah setempat.

“Beberapa ‘curhat’ ke kami. Pak, saya ingin sekali bertugas di daerah ini, tapi bingung mau tinggal dimana,” ucap Roni mengutip penyampaian tenaga kesehatan yang ingin mengabdi dan bertugas di daerah itu.

Pihaknya pun mengajak pemerintah daerah untuk memperjuangkan kepentingan tersebut di tingkat pusat. Hal itu untuk memberi jaminan tempat tinggal yang layak bagi tenaga kesehatan di Gorontalo Utara.

“Meski hanya tinggal sementara namun penyediaan sarana perumahan seperti asrama tenaga kesehatan perlu menjadi pertimbangan dan prioritas di bidang pelayanan kesehatan di daerah ini,” tandas Roni Imran.

(Adv/Manto/RL/Read)