Date:October 24, 2020

Fenomena Gerhana Matahari Cincin Akan Terlihat Di Gorontalo

Gerhana Matahari Cincin

READ.ID – Fenomena Gerhana matahari cincin dikabarkan akan terlihat di Gorontalo pada Kamis 26 Desember 2019. Hal itu berdasarkan hasil hisab dari Pusat Studi dan Kajian Ilmu Falak (PUSKIF) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Rabu (25/12).

Adapun hasil perhitungan hisab, awal gerhana matahari parsial untuk Gorontalo pada pukul 12.35 wita, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 14.25 wita dan akhir gerhana akan terjadi pada 15.54 wita.

Dalam durasi gerhana yang teramati di Gorontalo, rata-rata adalah 3 jam 18 menit 10 detik. Gerhana matahari yang teramati berupa Gerhana Matahari sebagian (parsial) dengan rentang magnitudo 0,884-0893.

Dari hasil hisab tersebut, disampaikan dalam seminar yang dilaksanakan oleh PUSKIF, Fakultas Syariah IAIN SA Gorontalo yang mengusung tema Gerhana Matahari antara mitos dan sains.

Perhitungan ilmu falak terhadap peristiwa Gerhana Matahari tahun 1441 H menggunakan sistem Hisab Hakiki bi Tahkik (kontemporer).

Bagi masyarakat yang ingin melihat gerhana, dianjurkan untuk menggunakan kacamata Las 14. Sangat tidak disarankan untuk melihat dengan mata telanjang, karena bisa mata buram, bahkan bisa jadi buta permanen.

Selain itu, masyarakat dihimbau untuk melaksanakan Salat Sunnah Gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Saw. Serta dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak dzikir, istigfar, sedekah dan amal-amal yang positif lainnya. (Fadil/Read.id)