Date:October 27, 2020

Dubes Perancis Mendadak Kunjungi DPD RI, Bahas Soal Ini…

READ.ID – DPD RI menerima audiensi dari Duta Besar Prancis untuk Indonesia, H.E. Olivier Chambar di Kawasan Parlemen Senayan (10/9). Audiensi tersebut diterima oleh Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, bersama Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI. Dalam pertemuan itu, keduanya membicarakan peluang peningkatan kerja sama antar kedua negara, terutama kerja sama di bidang parlemen.

Nono Sampono menjelaskan, bahwa antara Indonesia dengan Prancis memiliki hubungan bilateral yang telah lama terjalin sejak awal Indonesia berdiri. Nono berharap melalui peningkatan kerja sama antar keduanya, terutama melalui kerjasama DPD RI dengan Senat Prancis, hubungan antar kedua bangsa dan negara menjadi lebih baik dan bidang-bidang yang dikerjasamakan akan diperluas.

“Di masa lalu memang lebih berat hubungan di eksekutif, dan tidak dapat dihindari parlemen itu juga penting. Hubungan antar negara juga akan lebih kuat jika hubungan antar parlemen juga hadir di dalamnya,” ucapnya.

Senator dari Maluku ini juga menjelaskan bahwa sampai saat ini DPD RI terus konsisten mempromosikan daerah-daerah di Indonesia melalui parlemen dunia. Dalam parlemen internasional, DPD RI telah menjalin berbagai kerja sama antar parlemen di dunia, turut menyumbangkan pemikiran, serta terus mengikuti perkembangan-perkembangan hubungan antar negara.

Senada, Olivier Chambar, juga menganggap penguatan kerja sama antara Indonesia dengan Prancis perlu untuk dilakukan, terutama melalui kerja sama parlemen. Dirinya menilai DPD RI merupakan wujud penting dari perjalanan demokrasi di Indonesia sejak era reformasi. Dan sama seperti DPD RI, Prancis juga memiliki Senat yang merupakan majelis tinggi dari Parlemen Prancis yang merupakan salah satu unsur pokok dalam pengembangan dan pelaksanaan demokrasi di negara yang berjuluk Kota Mode itu. Olivier juga berharap kedepannya terjalin kerjasama antara Indonesia dengan Prancis dalam pengembangan vaksin Covid-19.

“Saya berharap hubungan antara DPD dan Indonesia dengan Senat Prancis bisa dibangun baik. Hubungan baik dan kuat antara kedua negara diwujudkan di panggung dan forum internasional. Dimana Prancis dan Indonesia sering membagi posisi yang sama terkait isu-isu dunia yang besar” kata Olivier.

Sementara itu, Ketua BKSP DPD RI Gusti Farid Hasan Aman yang didampingi Wakil Ketua BKSP DPD RI M. Ali Ridho Azhari dan Anggota BKSP DPD RI Asyera Respati A. Wulandero, mengatakan bahwa BKSP DPD RI siap menjadi jembatan jalinan kerja sama antar DPD RI dengan Senat Prancis. Dirinya berharap setelah pandemi Covid-19, jalinan kerja sama antar parlemen dapat segera diwujudkan demi kepentingan kedua negara.