Date:November 26, 2020

Dua Pasangan Calon Perseorangan Bone Bolango Tak Penuhi Syarat Dukungan

Calon Perseorangan

READ.ID – Berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifkasi faktual dukungan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango lewat jalur perseorangan, dua bakal paangan calon tak penuhi syarat dukungan.

“Dua pasangan calon perseorangan untuk Bone Bolango, keduanya tak memenuhi syarat dukungan yang sudah ditetapkan oleh KPU,” kata Adnan Berahim.

Berdasarkan hasil rekap, pasangan calon Ismet Mile dan Sukandi Talani dari total 12.966 dukungan hasil Verfikasi Adminstrasi, jumlah yang Memenuhi Syarat setelah dilakukan Verifikasi Faktual, hanya 9,284 dukungan.

Sedangkan untuk pasangan calon Moh. Kilat Wartabone dan Syamsir Djafar Kiyai, dari total 13.585 hasil verifikasi administrasi, jumlah yang memenuhi syarat setelah Verifikasi Faktual hanya 10,794 dukungan.

“Sementara dukungan syarat minimal yang telah ditetapkan sebanyak 11.205 dukungan yang tersebar di 10 kecamatan,” jelas Adnan Berahim.

Namun, lanjut Adnan, kedua bakal pasangan calon tersebut, masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki atau menambah jumlah dukungan sampai mencapai total jumlah minimal dukungan yang telah ditetapkan.

“Jadi saat masa perbaikan nanti, ke dua pasangan tersebut tinggal memasukkan kekurangan dari pada jumlah dukungan yang telah ditetapkan tadi, namun jumlah dukungan harus dua kali dari jumlah kekurangan,” tegas Adnan Berahim.

Jadwal untuk penyarahan syarat dukungan perbaikan malai tanggal 25 Juli hingga 27 Juli 2020.

Dan tetap akan dilakukan Verifikasi Adminstrasi terhadap dukungan yang dimasukan, serta akan dilakukan verifikasi faktual kembali oleh PPS di lapangan. (RL/Read)