Date:November 24, 2020

Dua Bapaslon Pilbup Blitar Jalani Tes Kesehatan

Bapaslon Blitar

READ.ID – Pasca pendaftaran di KPU Kabupaten Blitar ditutup pada 6 September 2020 lalu, kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar jalani Tes Kesehatan di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang, Rabu (9/9/2020).

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa mengatakan, kedua bapaslon yaitu Rijanto-Marhaenis dan Rini Syarifah-Rahmat Santoso tiba di RSSA dan langsung melakukan serangkaian tes kesehatan yang meliputi tes jasmani dan rohani hingga test bebas narkoba.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim gabungan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur.

“Pelaksanaannya sudah dimulai sejak kemarin yaitu tanggal 8 September 2020 hingga besok, 10 September 2020. Sehingga saat ini masih berlangsung proses pemeriksaan tersebut yang akan kami umumkan hasilnya pada 12 September mendatang. Alhamdulillah hingga hari ini pemeriksaannya berjalan lancar dan tidak menemui hambatan, semoga nanti semua sesuai jadwal yang yang telah ditetapkan,” jelas Hadi Santosa.

Hadi juga menambahkan, kedua bakal pasangan calon telah resmi mendaftar di KPU Kabupaten Blitar. Kedua pasangan telah lolos tahap seleksi awal persyaratan administratif kesehatan yang termasuk didalamnya terkait keterangan bebas covid-19. Hal ini dibuktikan dengan hasil Swab test yang telah diberikan kepada pihak KPU Kabupaten Blitar pada hari pendaftaran.

“Jadi tidak perlu lagi ada pertanyaan terkait bebas Covid-19 karena kalau kemarin dari kedua bapaslon tidak mampu memberikan hasil Swab terakhir yang negatif, tentu tidak akan kami loloskan pada tahapan Tes kesehatan ini,” tutup Hadi Santosa.

(The/RL/Read)