Date:December 5, 2020

DPRD Provinsi Tinjau Kesiapan Puskesmas Tibawa Hadapi Covid-19

Puskesmas Tibawa

READ.ID – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo lakukan kunjungan kerja
dengan meninjau kesiapan Puskesmas Tibawa, Kabupaten Gorontalo dalam menghadapi penyebaran wabah Covid-19 atau Virus Corona, Sabtu (04/4).

Ketua Komisi IV Hamid Kuna menyampaikan, puskesmas harus mempunyai fasilitas yang lengkap dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Fasilitas medis menjadi penentu kelayakan dan kesediaan puskesmas sendiri dalam menanggulangi covid-19.

“Kelengkapan fasilitas menjadi penunjang, khususnya dalam penanganan Covid 19. Ketersediaan kebutuhan medis tentu akan memberikan dampak positif terhadap pelayanan di puskesmas sendiri,” ujar Hamid Kuna.

Puskesmas Tibawa, kata Hamid Kuna, masih perlu mendapat perhatian seirus, baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten. Misalnya, pemberian Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan sarung tangan bagi tenaga medis.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi. Menurutnya, Puskesmas Tibawa sendiri perlu juga untuk berkoordinsi dengan pemerintah. Ia berharap segala kekurangan bisa dikomunikasikan dengan pemerintah.

Pihaknya sendiri juga akan mengkoordinasikan permasalahan ini dengan pemerintah provinsi dan kabupaten. Ia menilai hal tersebut perlu menjadi perhatian serius dan pemerintah segera mencari solusinya.

“Pemerintah, termasuk Kabupaten Gorontalo telah mengalokasikan anggarannya seperti pengadaan APD ini. Nah, ini yang kami harapkan bisa dikoordinasikan ke pemerintah. Supaya pemerintah mengetahui kekurangan dari Puskesmas Tibawa sendiri,” pungkasnya. (Aden/RL/Read)