Date:October 27, 2020

DPRD Provinsi Gorontalo Lakukan Dialog Dengarkan Keluhan Warga

Keluhan Warga

READ.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinisi Gorontalo melakukan dialog interaktif untuk mendengarkan segala keluhan warga, Minggu (30/08/2020).

Kegiatan yang dihadiri langsung Ketua DPRD Provinsi, Paris Jusuf bersama jajaran pimpinan dan anggota DPRD itu dilaksanakan di Desa Lobuto, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo.

Dialog diawali pemaparan singkat dari Paris Jusuf mengenai penyusunan anggaran, legislatif, hukum dan program-program kegiatan, serta pengawasan anggaran.

Pada kegiatan itu, Ruslan Mahmud, seorang warga setempat meminta agar ruas jalan pertanian sepanjang 2 Km dari Bongomeme Ambara menuju Botuboluo Biluhu Tengah yang kini rusak parah agar diperhatikan pemerintah.

Menanggapi keluhan itu, Paris menyampaikan aspirasi tersebut akan menjadi masukan bagi komisi untuk ditindaklanjuti karena kewenangan itu berada di balai jalan.

“Infratruktur jalan merupakan kewenangan balai jalan, tapi aspirasi ini akan dikawal Komisi III,” ujar Paris.

Sementara itu, Wakil Ketua III DPRD, Awaludin Pauweni mengatakan kondisi jalan sebagaimana dikeluhkan warga memang beresiko serta berbahaya karena telah banyak menelan korban.

Ia menyampaikan areal itu kini sudah masuk jalan nasional. Namun, diakuinya pula belum keseluruhan yang diperbaiki. Prosesnya bertahap sesuai kewenangan OPD pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat.

“Memang sejak 10 tahun lalu sulit menempuh darat kawasan menuju Biluhu akibat infrastruktur yang masih status jalan roda tani,” jelasnya.

Wakil Ketua II DPRD, Sofyan Puhi dalam kesempatan itu mengatakan salah satu masalah yang banyak menjadi keluhan adalah keberadaan guru. Kata dia, kebutuhan guru harus menjadi prioritas.

Kemudian, diharapkan pula ada pemetaan penyebaran guru pada setiap sekolah-sekolah yang ada. Pemerintah Provinsi Gorontalo pun diminta agar memperhatikan hal tersebut.

“Ini menjadi ranah Pemerintah Provinsi dengan menggandeng atau bekerjasama dengan Universitas Negeri Gorontalo,” tuturnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo juga turut hadir dalam kesempatan itu. Kedua Dinas tersebut, turut menanggapi semua keluhan yang disampaikan warga.

(Aden/RL/Read)