Date:September 23, 2020

DPRD Gorut Akan Seriusi Masalah Kekerasan Perempuan dan Anak

Aryati Polapa

READ.ID – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, akan menseriusi masalah kekerasan tehadap perempuan dan anak.

“Banyak persoalan sosial khususnya kekerasan terhadap anak dan perempuan yang terjadi di daerah ini. DPRD akan menyeriusi penanganannya,” ujar ketua Komisi III Aryati Polapa, Senin (16/06).

Ia mengatakan akan mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, untuk membahas sejauh mana penanganan persoalan anak dan perempuan.

Komisi III pun kata politikus PDI Perjuangan tersebut, akan menyeriusi pengalokasian anggaran untuk penanganan persoalan terhadap upaya perlindungan anak dan perempuan.

“Kekerasan terhadap anak dan perempuan, bukan sekadar menjadi korban tindak kekerasan, namun menyangkut keinginan pihak keluarga terkait penanganannya,” ucapnya.

Sebab, kata dia, pihak keluarga tidak menginginkan penyelesaian secara hukum, akibat malu terhadap dampak sosial yang akan dihadapi.

Olehnya, Komisi III pun akan menyeriusi kondisi tersebut. Termasuk mendorong OPD terkait untuk menseriusi penanganan yang perlu dilakukan menghadapi persoalan sosial menyangkut kekerasan terhadap anak dan perempuan.

“Kami memerlukan data akurat, serta jenis kasus yang menonjol, agar dapat ikut memberi solusi dalam penanganan yang tepat,” tuturnya.

Ia menambahkan, kekerasan pada anak dan perempuan yang justru dilakukan oleh orang terdekatnya cukup mendominasi atau bukan hal baru di Kabupaten Gorontalo Utara.

(Adv/Manto/RL/Read)