Date:October 27, 2020

DPRD Gorut Akan Optimalkan Pengawasan Penyaluran Bansos

Lukman Botutihe

READ.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara akan mengoptimalkan pengawasan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) yang diperuntukan bagi warga kurang mampu.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe, usai bertemu dengan ketua Komisi VIII (delapan) DPR RI, Yandri Susanto, di Jakarta, Jumat (17/07).

“Kami menerima banyak wejangan dari beliau (Yandri Susanto) agar pengawasan bansos dilakukan dengan ketat, termasuk oleh DPRD sehingga tidak terjadi kebocoran,” katanya.

Menurutnya, jika penyaluran Bansos tidak maksimal dan tidak tepat sasaran, hal itu akan merugikan masyarakat. Pengelolaan itu juga berhubungan dengan keuangan penanganan COVID-19.

Ia mencontohkan salah satu desa di Kecamatan Tolinggula terinformasi penerima bantuan terdampak COVID-19 ada yang menerima bantuan ganda atau lebih dari satu jenis.

“Akibatnya, bantuan yang diterima dipotong. Ini akan kami tindaklanjuti, sebab tidak boleh terjadi lagi,” tandasnya.

Ia berharap kepada pemerintah kabupaten hingga desa, untuk memperhatikan penyaluran Bansos serta kevalidatan data penerima. Hal itu juga penting agar sesuai amanat Undang-undang nomor 1 tahun 2020, tentang pengelolaan keuangan dalam penanganan COVID-19.

(Adv/Manto/RL/Read)