Date:October 27, 2020

Dandim Blitar: TNI Harus Jadi Garda Terdepan Penegak Protokol Kesehatan

Dandim Blitar

READ.ID – Dandim 0808/Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto mengatakan, TNI harus menjadi garda terdepan dalam penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.

Hal itu disampaikan Letkol Dian saat menjadi Pimpinan Apel launching komunitas/relawan penegak protokol kesehatan di lingkungan kerja se Kabupaten Blitar yang digelar di halaman Kantor Polres Blitar, Sabtu (19/09/2020).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memaksimalkan implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Saat ini perkembangan Covid-19 di Indonesia cukup signifikan. Kita menghadapi musuh yang sama yaitu virus Corona, dan memang tidak terlihat oleh mata namun nyata yang menyebabkan sejumlah aspek ekonomi sosial hingga mempengaruhi kondisi alam. Kita harus menegakkan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah agar semua dapat kembali menjadi normal,” ucap Dandim saat membacakan amanat dari Kapolres Blitar.

Ia mengajak relawan serta seluruh aparatur Pemerintah harus bisa menjadi contoh tentang mematuhi protokol kesehatan, serta bersama-sama mengarahkan dan mengajak diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Kita menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat untuk disiplin memakai masker dengan baik dan benar. Seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari masih banyak masyarakat keluar rumah yang tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak atau Physical Distancing,” ujarnya.

Lanjut Dandim, dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 menunjukkan supaya lebih mengerahkan kekuatan dan semua sumber daya untuk melakukan pengawasan dan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat serta sebagai payung hukum. Sehingganya dapat menumbuhkan kesadaran bersama mengingat betapa pentingnya disiplin dalam memutus mata rantai Covid-19.

“Semoga kita bisa segera keluar dari wabah Covid-19 dan selalu diberikan kesehatan. Orang-orang yang hadir disini adalah orang-orang yang terpilih tinggal ketulusan, Keikhlasan kita untuk melaksanakan amanah dan tugas ini sebaik-baiknya,” pungkasnya.

(Zun/RL/Read).