Date:January 18, 2021

Bupati Nelson: Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Gorontalo Meningkat

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyampaikan, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gorontalo meningkat.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri reses wakil ketua MPR RI, Fadel Muhammad di Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Minggu (01/3).

Nelson mengungkapkan, upaya pertumbuhan ekonomi itu diwujudkan melalui penurunan angka kemiskinan. Angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo dari angka 21,8 %, saat ini turun menjadi 18 %. Walaupun belum mencapai 5 %, ia menargetkan tahun depan akan menurunkan kemiskinan 2%.

“Selain penurunan kemiskinan, angka pengangguran kita juga terendah 3,2 persen. Kita masih berharap mendorong pertumbuhan ekonomi itu meningkat lagi melalui beberapa sektor pembangunan,” ujar Nelson.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam 4 tahun terakhir ini, sudah 90 % selesai pembangunannya. Jadi, untuk 10 % akan diselesaikan tahun 2020 hingga 2021.

Sementara, anggaran Kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan dari Rp 1,2 menjadi 1,6 Triliun pada tahun 2019. Nelson menargetkan pada tahun 2020 akan mencapai Rp 2 Triliun.

“Semua ini berkat dukungan masyarakat hingga kolaborasi antara Pemda dan pemerintah pusat. Kehadiran pak Fadel ini dapat menguntungkan masyarakat Gorontalo yang turut memperjuangkan pembangunan Kabupaten Gorontalo,” tutur Nelson.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad menyampaikan, pihaknya turut membangun Kabupaten Gorontalo dengan mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Fadel mengaku tengah menyiapkan inisiatif pemikiran baru dengan meningkatkan perekonomian melalui sektor usaha, pertanian, perikanan.

“Kami akan mengupayakan perbesar anggarannya agar masyarakat bisa sejahtera. Tantangan di Kabupaten Gorontalo saat ini, jumlah penduduknya yang besar. Untuk itu, kolaborasi dan sinergitas perlu ditingkatkan lagi untuk memenuhi kebutuhan warga, hingga peningkatan pembangunan di Kabupaten Gorontalo,” tandas mantan Gubernur Gorontalo tersebut. (Adv/Wahyono/Read)