Date:January 17, 2021

Buaya Berukuran 2,5 Meter Masuki Area Mal di Palu

READ.ID – Buaya muara berukuran 2,5 meter memasuki areal Mal PGM di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Kejadian inipun menjadi viral setelah video reptil tersebut tersebar di media sosial.

Video buaya muara yang berkeliaran di area mal itu salah satunya dibagikan pengguna Instagram @parupedaspalu dan diteruskan oleh @soalpalu.

Kejadian buaya berkeliaran di Mal PGM ini terjadi pada jumat (27/11/2020). Kepala Dinas Damkar Kota Palu Sudaryono Lamangkona membenarkan kejadian itu.

“Iya betul, ada buaya yang masuk di area PGM tadi pagi,” ungkal Sudaryano, Jumat (27/11/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa buaya muara itu berhasil di tangkap oleh Damkar, Polisi, TNI, dan masyarakat setempat pada pukul 11:25 Wita. Pengangkapan berlangsung selama 25 menit.

“Kami dapat laporan itu sekitar jam 11 dan kami berhasil menangkap buaya itu jam 11 lewat 25, dibutuhkan sekitar 25 menit untuk menangkap buaya itu dibantu oleh TNI, Polri dan masyarakat sekitar,” katanya.

Saat ini, buaya tersebut telah diamankan dan di serahkan ke pihak BKSDA Sulteng. Sampai sekarang akses masuk buaya hingga ke area Mal belum diketahui.

Kepala Seksi Wilayah Konservasi 1 BKSD Sulteng Haruna mengatakan buaya itu telah dititipkan ke penangkaran yang ada di Kabupaten Sigi.

“Jam 4 sore tadi kami titipkan ke penangkaran yang ada di sana, karena di kandang tempat kami sudah full,” ujarnya.

Ia menambahkan, buaya berjenis kelamin betina itu sangat agresif saat ditangkap karena sedang bertelur.

(RZ)