Date:September 19, 2020

BPBD Kabupaten Gorontalo Produksi Hand Sanitezer NDP-912

Produksi Hand Sanitezer

READ.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo memproduksi hand sanitezer merek NDP-912 dari bahan dasar nira pohon aren.

Kepala BPBD, Sumanti Maku menjelaskan, dinamakan Hand sanitezer NDP-912 artinya ada 9 komponen, 1 proses perakitan yang sama dan 2 kali penyulingan hingga menghasilkan bio etanol.

Waktu produksinya dapat memakan waktu berjam-jam. Satu jam bisa memproduksi 60 botol hand sanitezer dengan satu botolnya berisi 60,l.

“Bahannya dari pohon aren, atau secara langsung dari Cap tikus atau minuman keras yang merupaan sitaan Polda Gorontalo,” kata Sumanti.

Tambah Sumanti, proses produksinya kemudian diuji di Balai Pengawasa Obat dan Makanan (BPOM). Jika sertifikasinya dari BPOM keluar, pihaknya akan memproduksi secara massal dan akan diberikan secara gratis kepada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengapresiasi inisiatif BPBD di tengah pandemi Covid-19.

“Apa yang sudah dilakukan BPBD adalah inovasi dan membantu mengah penularan Covid-19. Ini akan menjadi kebutuhan kita bersama dan masyarakat,” jelas Nelson. (Adv/Wahyono/RL/Read)