Date:October 24, 2020

BPBD Kabupaten Gorontalo Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

BPBD Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo menggelar simulasi penanganan kebakaran di rumah Dinas Bupati Gorontalo, Jumat (27/12). Simulasi ini diikuti sejumlah petugas pemdam kebakaran, Satpol PP hingga para asisten rumah tangga di rumah dinas Bupati setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo Sumanti Maku mengatakan, simulasi tersebut guna mencegah kebakaran pada objek vital seperti rumah dinas pejabat. Pelatihan memadamkan api, kata Sumanti, bagi mereka yang selalu bertugas dirumah rumah dinas tersebut.

“Ya, mereka kami latih, bagaimana memadamkan api dalam situasi awal jika terjadi kebakaran secara tiba-tiba. Sebab rumah dinas merupakan objek vital yang harus kita jaga,’ ucapnya.

Ia menjelaskan, ada dua hal yang dipraktekan dalam simulasi ini, yakni pertama dengan menggunakan tabung pemadam, dan memdamkan api menggunakan handuk basah, atau selimut dalam ukuran besar.

“Intinya jangan ada kepanikan sebelum petugas pemadam kebakaran datang. Namun, kami mengharapkan harus ada tindakan awal seperti kita lakukan di simulasi tadi,” tandas Sumanti. (Wahyono/Read.id)