Date:October 19, 2020

Belum ditemukan, Keluarga Nelayan Hilang di Biluhu ikhlas

READ.ID – Camat Biluhu Kabupaten Gorontalo  Sjarifuddin Abdul Rahman mengatakan, mewakili pihak keluarga dari dua nelayan yang hilang saat melaut,  bahwa pihak keluarga telah mengikhlaskan kepergian dari dua korban nelayan tersebut yaitu  Armin Abas (55) dan Ali Lahabu (45) yang merupakan warga di Kecamatan tersebut.

Sjarifuddin mengatakan, adapun hasil evaluasi dari pihak keluarga sudah mengikhlaskan dan menerima musibah itu sejak dilakukan pencarian oleh pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau basarnas, Kepolisian dan TNI, namun tidak juga ditemukan.

“Musibah ini kan tidak diminta-minta, tapi keluarga korban sudah menerima dengan ikhlas dan tidak mengeluh atas kejadian ini. Walupun keluarga korban sudah berusaha mencarinya tapi tetap tidak ditemukan,” Ujarnya.

Sjarifuddin menambahkan pihak keluarga juga sudah melaksanakan proses keagamaan secara islami dengan menggelar ahlul doa tahlilan bersama. Namun keluarga korban tetap berharap keduanya selamat atau ditemukan jasadnya.

“Ini sudah tiga minggu juga belum ditemukan, namun mereka sudah melaksanakan keagaman atau halul di rumah keluarga korban masing-masing pada pasca tujuh hari hilangnya korban.

Mewakili keluarga korban, Camat Biluhu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait yang sudah membantu mencari kedua nelayan yang hilang saat hendak ke laut tersebut.

” Kami mengucapkan terima kasih kepada terutama Basarnas, polisi dan pihak terkait telah membantu mencari korban. Sebagai pemerintah yang bertanggung jawab kepada warga, kami juga siap membantu keluarga korban” tandasnya.

Sebelumnya, korban pertama Armin Abas (55) warga desa Olimeyala, kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dikabarkan hilang di laut pada Jumat (19/7) Lalu. Korban Saat itu sekitar pukul 15.00 Wita Armin pamit kepada Keluarganya untuk melihat Rakitnya yang berada di perairan Batudaa Pantai.

Sementara selang beberapa hari, Peristiwa Nelayan yang diduga hilang melaut kembali terjadi di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Kali ini peristiwa menimpa ali Lahabu (45), warga Desa Lobuto Kecamatan Biluhu, Selasa (23/7). Ali pamit melaut mencari ikan kepada keluarganya sekitar pukul 04.30 Wita. Menurut Penuturan Keluarganya kepada petugas basarnas, ali pergi ke Laut tidak begitu lama, namun hingga saat ini tak kunjung kembali.

Hilangnya kedua korban, petugas telah menyisir hingga ke perairan laut Tilamuta Kabupaten Boalemo oleh unsur yang terlibat dari tim gabungan yakni Basarnas, Pihak kepolisian maupun TNI, namun hasilnya nihil.

Ditambah Kondisi Cuaca buruk dengan ombak yang besar mencapai 4 meter menjadi kendala petugas untuk mencari korban.