Date:October 22, 2020

Belajar Tatap Muka di Kabupaten Blitar Bakal Dibuka Kembali

Belajar Tatap Muka

READ.ID – Proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Blitar, Jawa Timur bakal dibuka kembali menjelang tatanan hidup baru atau new normal life.

Hal ini di ungkapkan Bupati Blitar Rijanto kepada awak media usai meninjau kesiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan di sejumlah lingkungan SMA/SMK yang ada di Kabupaten Blitar, Kamis (13/8/2020).

Rijanto mengatakan, sejak munculnya pandemi Covid-19, sejumlah sekolah terpaksa diliburkan dan sistem belajar mengajar tatap muka diganti dengan virtual. Namun pihaknya akan mengambil kebijakan proses belajar tatap muka akan dibuka lagi pada tanggal 18 agustus 2020 dengan berdasarkan petunjuk teknis.

Bupati Rijanto menjelaskan, pada awal proses belajar tatap muka nanti rencananya akan dilakukan secara bertahap dan terbatas.

“Setiap kelasnya di isi atau diikuti sebanyak 25 persen dari jumlah pelajar setiap kelasnya. Namun, jika perkembangan penyebaran virus corona di Kabupaten Blitar membaik, maka kuota bisa ditambah secara bertahap,” ulas Rijanto.

Dirinya berharap jangan sampai sudah dibuka kembali malah menjadi bagian klaster-klaster baru, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi di tutup kembali.

“Tujuannya agar ketika kegiatan belajar mengajar kembali dilaksanakan, para pelajar merasa aman dan nyaman,” tandasnya.

Ia menegaskan ada hal penting yang menjadi andil cukup besar ketika proses belajar mengajar itu berjalan. Yakni, penerapan protokoler kesehatan di segala aktivitas pembelajaran di sekolah, mulai masuk sampai pulang.

Sehingganya para siswa siswi mentaati semua anjuran yang sudah ditentukan dan berdisiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Patuhi protokol kesehatan selama beraktivitas. Pesan saya jaga kesehatan, olah raga yang cukup, makan makanan yang bergizi dan disiplin berprilaku PHBS,” pesan Rijanto yang juga bakal mencalonkan lagi di Pilkada 2020 bersama partai pengusung PDIP.

(Jun/RL/Read)