Date:October 19, 2020

Basarnas: Dua Nelayan Biluhu Hilang Belum Ditemukan

READ.ID – Nasib dua nelayan hilang Armin Abas (55) dan Ali Lahabu (45) yang merupakan warga Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo, hingga saat ini belum juga ditemukan. Memasuki hari ke 18 sejak kejadian, tidak ada tanda-tanda dari korban yang hilang saat melaut tersebut.

Sebelumnya pencarian kedua korban telah dilakukan oleh pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Gorontalo atau Basarnas, sejak laporan musibah tersebut diterima dari masing-masing keluarga korban yaitu Armin Abas hilang pada jumat (19/7) dan Ali Lahabu yang hilang Selasa (23/7) lalu.

Area yang dilaporkan titik awal hilangnya korban, juga telah disisir hingga ke perairan laut Tilamuta Kabupaten Boalemo oleh unsur yang terlibat dari tim gabungan yakni Basarnas, Pihak kepolisian maupun TNI, namun hasilnya nihil. Ditambah Kondisi Cuaca buruk dengan ombak yang besar mencapai 4 meter menjadi kendala petugas untuk mencari korban.

Setelah tujuh hari melakukan operasi SAR (Search And Rescue), Tim pertolongan gabungan tersebut akhirnya menghentikan pencarian terhadap kedua korban karena tidak membuahkan hasil.

Humas Basarnas Gorontalo, Hafifuddin Ilahude mengatakan, penghentian operasi pencarian korban sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), yakni jika dalam 7 hari pencarian sejak awal kejadian tapi tetap tidak bisa ditemukan, operasi SAR pun akan ditutup.

“Walaupun penghentian pencarian sesuai SOP, tapi jika ada laporan tanda-tanda ditemukan seperti barang-barang korban, pencarian akan dibuka kembali hingga melakukan evakuasi” Jelasnya.

Basarnas Gorontalo juga meminta kepada masyarakat terutama nelayan, agar waspada saat akan melaut karena angin kencang dan gelombang tinggi masih terjadi saat ini dan tidak baik untuk melakukan aktivitas mencari ikan.

Sebelumnya, korban pertama Armin Abas (55) warga desa Olimeyala, kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dikabarkan hilang di laut pada Jumat (19/7) Lalu. Korban Saat itu sekitar pukul 15.00 Wita Armin pamit kepada Keluarganya untuk melihat Rakitnya yang berada di perairan Batudaa Pantai.

Sementara selang beberapa hari, peristiwa nelayan yang diduga hilang melaut kembali terjadi di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Kali ini peristiwa menimpa ali Lahabu (45), warga Desa Lobuto Kecamatan Biluhu, Selasa (23/7). Ali pamit melaut mencari ikan kepada keluarganya sekitar pukul 04.30 Wita. Menurut Penuturan Keluarganya kepada petugas basarnas, ali pergi ke Laut tidak begitu lama, namun hingga saat ini tak kunjung kembali.