Date:September 23, 2020

Barcelona Lolos ke Babak 8 Besar Liga Champions

Barcelona lolos

READ.ID – Barcelona lolos ke babak 8 besar Liga Champions setelah mengalahkan Napoli dengan skor 3-1 pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Camp Nou, Minggu (9/8/2020) dini hari WIB.

Dilansir dari kompas.com, Tiga gol Barcelona dicetak oleh Clement Lenglet (10′), Lionel Messi (23′), dan Luis Suarez (45+1′ -p). Adapun satu gol Napoli disumbangkan oleh Lorenzo Insigne (45+5′) lewat eksekusi penalti.

Kemenangan itu mengantarkan Barcelona lolos ke perempat final Liga Champions dengan keunggulan agregat 4-2 atas Napoli. Sebelumnya, pada leg pertama di San Paolo, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1. Pada babak delapan besar, Barcelona akan menghadapi Bayern Muenchen, yang menyingkirkan wakil Inggris, Chelsea.

Jalannya pertandingan Barcelona lebih banyak tertekan pada awal babak pertama. Mereka nyaris kebobolan pada menit kedua. Sebuah kesalahan di lini belakang membuat stiker Napoli Dries Mertens mendapat bola “gratisan”.

Beruntung, sepakan keras Mertens dari dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang. Meskipun lebih sering diserang, Barcelona justru bisa mencetak gol lebih dulu pada menit ke-10.

Bola hasil sepakan corner yang diambil Ivan Rakitic, ditanduk Clement Lenglet dan tidak mampu dihalau kiper Napoli David Ospina. Gol dari Lenglet membuat Barcelona unggul agregat 2-1 atas Napoli untuk sementara.

Lionel Messi menambah keunggulan Barcelona pada menit ke-23.

Megabintang asal Argentina itu meliuk-liuk di kotak penalti Napoli, sebelum melepaskan sepakan kaki kiri yang menggetarkan jala Ospina.

Barcelona pun menjauh 2-0, dan 3-1 secara agregat atas Napoli. Messi mencetak gol keduanya pada laga ini pada menit ke-31, tetapi dianulir setelah wasit melihat VAR. Messi dianggap melakukan pelanggaran handball lebih dulu sebelum gol terjadi.
Beberapa menit menjelang babak pertama berakhir, Messi dilanggar Kalidou Koulibaly di kotak penalti. Wasit Cuneyt Cakir sempat melihat VAR sebelum menghadiahkan tendangan 12 pas untuk Barcelona.

Luis Suarez yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dan membuat Barcelona menjauh 3-0. Pada masa injury time babak pertama, Napoli menipiskan jarak menjadi 1-3 setelah Lorenzo Insigne mencetak gol penalti.

Penalti terjadi setelah Mertens dilanggar Rakitic di area terlarang. Babak pertama laga Barcelona vs Napoli berakir dengan skor 3-1.

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan masih sama. Barcelona lebih banyak ditekan Napoli. Namun, barisan belakang Barcelona terlihat lebih rapi. Pergerakan berbahaya Insigne dkk berhasil diredam tanpa melakukan pelanggaran yang tidak perlu. Terus bertahan membuat Barcelona mau tidak mau harus melakukan serangan balik untuk menghasilkan peluang.

Sementara itu, Napoli terus berusaha untuk mencetak gol tambahan untuk menghidupkan peluang lolos ke babak selanjutnya. Mereka sempat mencetak gol pada menit ke-81 melalui tandukan Arkadiusz Milik. Namun, gol tersebut dinyatakan tidak sah karena Milik lebih dulu offside sebelum gol terjadi.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, Napoli tetap tidak mampu melesakkan gol tambahan. Alhasil, skor 3-1 tetap bertahan untuk tuan rumah. Barcelona pun lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 4-2

Susunan pemain Barcelona vs Napoli:

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 2-Nelson Semedo, 3-Gerard Pique, 15-Clement Lenglet, 18-Jordi Alba; 20-Sergi Roberto, 21-Frenkie de Jong, 4-Ivan Rakitic; 17-Antoine Griezmann (42-Monchu 84′), 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez (24-Junior Firpo 90+2′)

Cadangan: 13-Neto, 24-Junior Firpo, 26-Inaki Pena, 28-Riqui Puig, 31-Ansu Fati, 33-Ronald Araujo, 42-Monchu, 44-Oscar Mingueza Garcia, 45-Konrad de la Fuente, 46-Ludovit Reis, 47-Alejandro Orellana Gomez

Pelatih: Quique Setien

Napoli (4-3-3): 25-David Ospina; 22-Giovanni Di Lorenzo, 44-Kostas Manolas, 26-Kalidou Koulibaly, 6-Mario Rui; 8-Fabian Ruiz (12-Eljif Elmas 79′), 4-Diego Demme (68-Stanislav Lobotka 46′), 20-Piotr Zielinski (11-Hirving Lozano 70′); 7-Jose Callejon (21-Matteo Politano 70′), 14-Dries Mertens, 24-Lorenzo Insigne (99-Arkadiusz Milik 79′)

Cadangan: 1-Alex Meret, 5-Allan, 9-Fernando Llorente, 11-Hirving Lozano, 12-Eljif Elmas, 13-Sebastiano Luperto, 19-Nikola Maksimovic, 21-Matteo Politano, 23-Elseid Hysaj, 27-Orestis Karnezis, 68-Stanislav Lobotka, 99-Arkadiusz Milik

Pelatih: Gennaro Gattuso

(Conten Writter)