Date:October 30, 2020

Banjir Bandang Sukabumi Hanyutkan Belasan Rumah Warga

Banjir Sukabumi

READ.IDBanjir bandang yang terjadi di Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dilaporkan menghanyutkan 12 unit rumah, Senin (21/9/2020) petang kemarin.

Selain itu, sebanyak 85 unit rumah dilaporkan terendam banjir. Dilaporkan juga terdapat sejumlah kendaraan bermotor terbawa hanyut luapan banjir bandang yang berlangsung saat hujan deras.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan jumlah rumah terdampak banjir bandang sebanyak 97 unit. Di antaranya sebanyak 12 unit rumah hanyut dan 85 unit terendam.

“Puluhan rumah terdampak ini tersebar di sejumlah kampung di lima desa dan satu kelurahan,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna dihubungi Kompas.com Senin malam.

Menurut dia laporan hingga malam ini dampak banjir bandang terjadi di lima desa (sebelumnya tertulis empat) dan satu kelurahan. Yaitu Desa Cisaat, Pasawahan, Nyangkowek, Mekarsari dan Bangbayang serta Kelurahan Cicurug. “Perkampungan yang terdampak banjir bandang itu terletak di sekitar Sungai Citarik-Cipeuncit. Saat banjir bandang ketinggian air mencapai enam meter,” ujar dia.

“Sementara untuk kendaraan bermotor terbawa hanyut masih dalam proses pencarian dan datanya masih verifikasi,” sambung Daeng.

Diberitakan sebelumnya banjir bandang dikabarkan menerjang wilayah Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020) sekitar pukul 17:00 Wib Peristiwa tersebut terjadi saat sejumlah daerah di Sukabumi diguyur hujan dengan intensitas tinggi beberapa jam.