Date:September 21, 2020

Almarhum Hasan Abas Nusi Dianugerahi Gelar Adat

Gelar Adat

READ.ID – Almarhum Prof Hasan Abas Nusi dianugerahi gelar adat Ta Lolo’Opa Todidihu Lipu, yang berarti Putra Indonesia Terbaik yang telah mengabdikan diri pada daerah secara berjenjang sampai tingkat Nasional. Gelar itu diberikan saat pelaksanaan doa 40 hari almarhum, Rabu (16/9/2020_.

Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan bahwa gelar tersebut diberikan kepada almarhum Prof. Hasan Abas Nusi, sudah melalui rapat adat Lo Ulipu Limo Lo Pohalaa.

“Almarhum adalah sosok tokoh panutan masyarakat yang telah mengabdikan diri bagi masyarakat, baik untuk masyarakat Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo dan dimasa saat daerah ini belum dimekarkan,” UJAR

“Maka dari itu sangat tepat jika Almarhum Prof. Hasan Abas Nusi diberikan gelar adat Ta Lolo’Opa Todidihu Lipu. Dengan artian, Putra Indonesia Terbaik Yang Telah Mengabdikan Diri Pada Daerah Secara Berjenjang Sampai Tingkat Nasional,” ujar Marten.

Pada kesempatan itu, Marten sedikit mengisahkan sosok almarhum yang akrab disapa Kak’ Acan. almarhum adalah panutan masyarakat disemua organisasi. Mulai dari organisasi pemerintahan, sampai dengan organisasi kemasyarakatan.

Kedekatan almarhum dengan masyarakat sangat erat, karena banyak ilmu yang diiberikan almarhum kepada masyarakat. Sehingga almarhum pun, sangat dikenal banyak orang baik di daerah sampai dengan tingkat Nasional.

“Seperti saya, yang bisa dikatakan adalah orang kepercayaan almarhum, karena setiap organisasi yang dipimpin almarhum, pasti sekretarisnya adalah saya. banyak ilmu yang saya dapatkan dari mendiang, termasuk dalam hidup bermasyarakat dan menjadi pemimpin yang baik …”

“Bagi saya, almarhum adalah orang tua dan guru yang bijaksana. Kami doakan, semoga almarhum diberikan tempat yang sangat layak di sisi Allah SWT,” pungkas Marten, sembari mengaminkan doanya.

(RL/Read/Pemkot)