Date:September 27, 2020

Alhamid Otoluwa: Warga Perlu Pemahaman Tujuan Bantuan COVID-19

Alhamid Otoluwa

READ.ID – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Alhamid Otoluwa mengungkapkan warga perlu diberi pemahaman terkait tujuan pemberian bantuan di masa pandemi COVID-19.

“Masyarakat perlu diedukasi untuk menghindari salah kaprah terhadap tujuan penyaluran bantuan pangan di tengah pandemi ini,” ujarnya, Jumat (26/07).

Dirinya menjelaskan setiap masyarakat harus mengetahui mengapa bantuan itu disalurkan. Selain itu, harus tau juga tujuannya dan siapa yang berhak menerima.

“Pertanyaan-pertanyaan tersebut rata-rata menjadi pembahasan di tengah-tengah masyarakat yang perlu dijelaskan dengan baik agar tidak terjadi salah kaprah bahkan menimbulkan kecemburuan sosial antara satu dengan lainnya,” tuturnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan masyarakat perlu memahami jika status sosial tidak menjadi syarat utama untuk mendapatkan bantuan COVID-19.

Sebab, bantuan tersebut diberikan bagi masyarakat terdampak pandemi. Tujuan penyalurannya, adalah untuk masyarakat terdampak yang sebelumnya memiliki pendapatan normal, menjadi tidak memiliki pendapatan di tengah pembatasan aktivitas.

Seperti para pelaku usaha di bidang jasa, baik penjahit, jasa pinjam pakai gaun pengantin, pemilik salon atau tukang potong rambut, supir angkutan umum, tukang ojek, dan pelaku usaha di sektor informal lainnya.

“Masyarakat perlu mendapatkan edukasi terhadap kondisi-kondisi sosial yang dihadapi di masa pandemi ini, agar tidak terjadi salah sangka di tengah-tengah penyaluran bantuan COVID-19,” ucapnya.

Sejauh ini, tambah Alhamid, penyaluran bantuan di masa pandemi cukup optimal dan menjangkau masyarakat yang terdampak. Kemudian, juga sesuai dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Masyarakat juga harus turut mengawasi agar penyaluran bantuan COVID-19 benar-benar sesuai prosedur, serta tepat sasaran,” tandasnya.

(Adv/Manto/RL/Read)