Date:October 30, 2020

Akibat Korsleting, Satu Minimarket di Gorontalo Nyaris Jadi Abu

Akibat Korsleting

READ.ID – Akibat korsleting, satu minimarket di Dusun Langgilo, Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, nyaris terbakar dan menjadi abu.

Beruntung petugas BPBD Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Gorontalo yang mendapati informasi tersebut segera mendatangi tempat peristiwa kebakaran dan berhasil mengantisipasi kobaran api agar tidak membesar.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (22/9/2020) sekitar pukul 13.41 Wita. Hal ini dipicu akibat korsleting pada instalasi bangunan tersebut.

Untung saja, peristiwa korsleting tersebut dapat diketahui lebih dini oleh Hasan Usman (40) pemilik minimarket tersebut.

“Jadi, dari pemeriksaan dil okasi, terjadi korsleting pada salah satu soket listrik yang tersambung pada satu unit kulkas,” ujar Kepala UPTB Damkar Kabupaten Gorontalo, Farid Taha, Kamis (24/9/2020).

Farid mengatakan kebakaran tersebut awalnya diketahui dari informasi warga yang melaporkan peristiwa tersebut. Setelah menerima informasi itu, pihaknya pun segera menuju ke lokasi kejadian.

Tepat sekitar pukul 13.54 Wita, pihaknya telah tiba di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) dengan 1 unit mobil damkar dan 9 personil pemadam kebakaran.

Saat tiba di lokasi, petugas PLN sudah berada di lokasi terlebih dahulu, dan disaat yang bersamaan anggota damkar langsung melokalisir TKK untuk memastikan sudah tidak ada sumber titik api yang menyala.

“Api berhasil dipadamkan sebelum menjalar dan membesar. Jadi, untuk kerugian yakni 1 buah soket listrik dan 1 unit lemari es,” ucapnya.

Farid menjelaskan perihal awal mula sampai akan terjadinya kebakaran ini. Kata dia, awalnya karyawan minimarket, Darsi Husain, yang pada saat itu sedang duduk di meja kasir, tiba-tiba melihat asap dari depan toko tepatnya di soket listrik.

Melihat hal tersebut, Darsi mengecek soket yang berada di depan minimarket tersebut. Ia melihat soket itu sudah mengeluarkan asap dan percikan api yang cukup besar.

Seketika Darsi Husain panik dan meminta bantuan kepada warga yang ada di sekitar minimarket.

Warga yang melihat api sudah semakin membesar langsung melakukan pemadaman secara manual menggunakan media seadanya sambil menunggu pemadam kebakaran tiba.

“Alhamdulillah api cepat kita padamkan,” tandas Farid Taha.

(Aden/RL/Read)