Date:September 25, 2020

Aipda Hamade Bagi Masker Gratis ke Warga yang Abaikan Protokol Kesehatan

Aipda Hamade

READ.ID – Aipda Hamade Tampilang, seorang polisi di Gorontalo mengaku prihatin banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Dirinya kemudian berinisiatif membagikan masker secara gratis kepada warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Inisiatif Kaurmintu Bidang TIK Polda Gorontalo itu timbul saat dirinya bersama personel Ops Aman Nusa II satgas VI (BanOps) UKL II memberikan himbauan kepada masyarakat agar menggunakan masker.

Dirinya kerap menemui sejumlah pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Saat itu juga, Aipda Hamade langsung membeli masker kain dan dibagikan secara gratis kepada pengguna jalan. Bahkan, Hamade berinisiatif membeli kain berwarna merah putih untuk dibuatkan masker.

“Saat itu saya lihat masih ada pengendara yang tidak memakai masker. Terus saya lihat ada penjual masker merah putih di jalan dan saya beli. Sekitar tiga puluhan masker saya beli dan langsung dibagikan. Saya juga memesan kepada penjual itu agar dibuatkan masker merah putih. Saya yang belikan kainnya,” jelas Aipda Hamade usai membagikan masker di kawasan pasar Telaga, Minggu, (19/7/2020).

Hamade mengaku keputusannya membeli masker dengan menggunakan uangnya sendiri untuk mengajarkan pentingnya berbagi kepada sesama di tengah pandemi Covid-19.

“Walaupun tidak seberapa, saya harap ini bisa menjadi inspirasi bagi orang lain yang memiliki kelebihan rezeki, artinya kepedulian sesama saat pandemi seperti ini sangat penting. Saya hanya ingin masyarakat peduli dengan kesehatannya di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dirinya juga mengajak warga tetap menjalankan protokol kesehatan di masa transisi new nomal. Sebab dengan menjalankan protokol kesehatan, bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Pandemi ini belum selesai. Walaupun di masa new normal, warga tetap harus menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak. Atas intruksi bapak Kapolda Gorontalo Irjen Pol Adnas, kami anggota terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya. (Wahyono/RL/Read)