Date:September 21, 2020

Adnan: Daftar Pemilih Sementara Bone Bolango 115.567 orang

Pemilih Bone Bolango

READ.ID – Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Adnan Berahim mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2020 di daerah itu sebanyak 115,567 orang.

Hal tersebut sesuai hasil rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan DPS, Senin, (14/9).

“Ini adalah hasil dari kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bekerja kurang lebih selama dua bulan terakhir mulai tingkat desa hingga kecamatan, meskipun ditengah pandemi COVID-19,” kata Adnan Berahim.

Ia mengatakan bahwa saat ini jumlah data pemilih mengalami kekurangan dan dari jumlah tersebut yang akan direkapitulasi untuk setiap kecamatan pada hari ini.

Pihaknya juga meminta masukan dari semua pihak untuk akurasi validitas data pemilih.

“Daftar pemilih ini, pemutakhirannya perlu dan harus dilaksanakan secara terbuka serta transparan,” Ujar, Adnan

Menurutnya jika dibandingkan dengan data pemilih pada tahun 2019 (Pileg), jumlah pemilih saat itu hanya 112.047 pemilih.

Sementara hari ini mengalami kenaikan menjadi 115.567 pemilih.

“Validitas dan akuratnya data ini, harus bisa dipertanggungjawabkan. Olehnya itu, KPU Bone Bolango tidak henti-hentinya membuka diri untuk menerima masukan perbaikan, koreksi terhadap penyusunan maupun pemutakhiran data pemilih ini,” ungkap Adnan.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh unsur dari KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu Bone Bolango, Polres Bone Bolango, Dandim 1304 Gorontalo, Disdukcapil Bone Bolango, Kesbangpol Bone Bolango, Perwakilan partai politik, LO/Tim Penghubung serta PPK se-Bone Bolango.