Date:August 3, 2020

55 PDP di Kabupaten Gorontalo Dinyatakan Negatif Covid-19

PDP Kabupaten Gorontalo

READ.ID – 55 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di kabupaten Gorontalo dinyatakan negatif Covid-19 setelah dilakukan swab test.

55 orang yang negatif Covid-19 tersebut masing-masing 40 orang tenaga kesehatan, petugas kepolisian 4 orang dan kepala desa 2 orang. Sisanya adalah jamaah tabligh, Aparat Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum.

Sebelumnya, 55 PDP itu tengah menjalani karantina di rusunawa Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo). Mereka terpaksa di isolasi karena pada pemeriksaan Rapid test hasilnya positif.

Setelah swab testnya negatif, gugus tugas penganan Covid-19 kabupaten Gorontalo mengizinkan mereka pulang ke rumah masing-masing dengan catatan akan dipantau selama 14 hari.

“Alhamdulillah 55 orang ini semuanya negatif dan mereka bisa pulang kepada keluarganya,” ungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri proses pemulangan 55 PDP tersebut, Rabu (29/4).

Ketua gugus penanganan covid-19 kabupaten Gorontalo itu juga mengatakan, pihaknya meminta masyarakat agar tidak memberikan stigma negatif kepada para pasien. Meurutnya, para PDP yang akan pulang tersebut sudah dipastikan tidak terpapar Covid-19.

“Walaupun mereka di rapid test positif, tapi belum tentu terpapar covid-19. Mungkin saja hanya terdeteksi adanya penyakit lain, karena yang menentukan positif atau tidak adalah hasil swab test,” tandas Nelson. (Wahyono/RL/Read)