Date:January 20, 2021

4 Prodi di FMIPA UNG Ditargetkan Capai Akreditasi Internasional

UNG Akreditasi Internasional

READ.ID – Empat Program studi (Prodi) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ditargetkan mencapai Akreditasi Internasional pada tahun 2021.

Target besar itu ucap Dekan FMIPA Astin Lukum guna memprogramkan peningkatan kualitas empat prodi melalui pencapaian Akreditasi Internasional.

“Empat prodi yang ditargetkan memperoleh Akreditasi Internasional, yakni Prodi S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika dan S1 pendidikan Geografi,” ujar Astin.

Empat prodi tersebut kata Astin memiliki peluang untuk bisa mencapai Akreditasi Internasional. Apalagi seluruh prodi tersebut saat ini telah mengantongi akreditasi terbaik dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan terakreditasi A.

“Peluang akreditasi terbuka lebar, terlebih beberapa prodi juga telah memperoleh hibah program fasilitasi Akreditasi Internasional Program Studi tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” beber Astin.

Program Akreditasi Internasional  menurut Astin, merupakan salah satu upaya FMIPA mendukung program UNG melalui pemenuhan Indikator kinerja utama.

“Saat ini belum ada prodi di UNG yang terakreditasi internasional, olehnya Civitas Akademika FMIPA bertekad menyuplai 4 Prodi yang bisa mencapai itu. Ini diharapkan menjadi salah satu sumbangsih FMIPA agar UNG bisa masuk klaster II,” tandas Dekan FMIPA itu.

Senada dengan Astin, Rektor UNG Eduart Wolok berharap FMIPA dapat menjadi salah satu fakultas penopang utama, dalam mengawal pencapaian proker UNG di tahun 2021, khususnya dalam peningkatan klaster universitas.

“Peningkatan menjadi klaster II itu, diharapkan FMIPA menjadi penyumbang berbagai prestasi untuk UNG. FMIPA saat ini merupakan fakultas dengan penelitian dan publikasi tertinggi di Kampus Merah Maron, dan tentunya saya meyakini harapan itu bisa diemban oleh Civitas Academica FMIPA,” tandas Eduart.

(SAS/RL/Read)